30 tahun berkarir, mengapa Tohpati baru merilis album gitar tunggalnya?

0
267
TOPHATI
TOPHATI
TOPHATI
Tohpati dan Baron

Berkiprah sebagai gitaris selama 30 tahun, Tohpati merilis album gitar tunggal pertamanya, berjudul Guitar Fantasy. Mengapa baru sekarang ia membuat album tunggalnya?

Tohpati mengaku, bermain gitar sangat sulit. Baginya, bermain solo harus konsentrasi dan dalam suasana yang agak hening.  Tapi, akhirnya ia berani membuat album Guitar Fantasy, walau belum merasa maksimal.

“Kalau saya menunggu untuk maksimal kayaknya saya nggak buat-buat,” kata Tohpati, saat jumpa pers di Foodism Kitchen & Terrace, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Soal genre musik yang diusung, Tohpati menambahkan jika dalam album Guitar Fantasy yang berisi sepuluh lagu ini, tidak menyuguhkan genre tertentu. Ini karena, Tohpati merupakan musisi yang tidak terpaku pada satu genre musik saja.

Contohnya, dalam lagu Guitar Fantasy yang bercitarasa country, lalu di lagu lainnya kita bisa mendengar bermacam-macam cita rasa seperti klasik, pop, rock, dan blues.

Gitaris bernama lengkap Tohpati Ario Hutomo ini kembali menuturkan, bahwa setiap bermain musik, kita berimajinasi. Soal ide, ia mendapatkannya dari berbagai hal dalam musik.

“Ide melodinya berangkat dari rhythm dulu, ada yang dari line melodi dulu, ada yang dari teknik bermain gitar. Dari situ baru bisa dirangkai melodinya,” tutupnya.

Tohpati kembali berpendapat, bahwa semua musisi yang memainkan instrumen musik apapun harusnya bisa bermain solo.

Ia merasa kagum, karena di luar negeri banyak musisi yang memainkan gitar solo dengan bagus sekali. Ia membandingkannya dengan sebagian besar musisi Indonesia yang menurutnya masih konsentrasi pada band masing-masing. [teks[email protected]foto @ryanstones]