Tips menjaga kebugaran saat umrah

0
123
Ahmad Faizal Yahya/ id.dollarphotoclub.com

Ibadah umrah menjadi pilihan mudah bagi umat muslim untuk segera ke Tanah Suci. Mengingat, ibadah haji membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu dengan kisaran waktu mencapai 13-20 tahun.

Sayangnya, setiba di sana tak sedikit warga Indonesia malah tak bisa beribadah, karena terserang penyakit misalnya.

Nah, supaya tetap bugar saat ibadah umrah nanti, G-Readers perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Cuaca
Perhatikan sedang cuaca apa di sana. Lalu kemudian antisipasi dengan membawa perlengkapan yang sesuai untuk di sana.

2. Cek kesehatan
Sebelum berangkat pastikan tubuh dalam keadaan fit. Karena itu pemeriksaan kesehatan menyeluruh diperlukan. Jadi nanti dokter bisa memberikan rekomendasi obat apa yang perlu dibawa.

3. Olahraga
Persiapan fisik sebelum ke Tanah Suci juga penting. Paling tidak dua minggu sebelum berangkat Anda sudah mulai melatih fisik, minimal dengan jogging setiap hari 30 menit sampai 1 jam.

4. Istirahat
Jarak tempuh pesawat dari Jakarta ke Arab Saudi yang langsung sekitar 9-10 jam. Gunakan waktu itu untuk istirahat yang cukup. Juga manfaatkan dengan baik waktu istirahat yang ada di Tanah Suci nanti.

5. Makanan dan minuman
Perhatikan asupan makanan saat di sana. Jangan yang terlalu pedas atau dingin. Dan perbanyak minum, serta siaga dengan minuman selalu, agar terhindar dehidrasi.

6. Jaga kebersihan
Cucilah tangan sebelum makan, memastikan sirkulasi udara di tempat menginap mengalir dan ada sinar matahari yang masuk, menjaga kebersihan pakaian, dan memilih tempat jajan yang bersih.

7. Ibadah sunah
Bayak sekali ibadah sunah yang bisa dilakukan di Arab Saudi. Jangan terlalu diporsir, pilih sesuai kemampuan saja.

Selain 7 tips untuk menjaga kebugaran itu, G-Readers juga perlu mengetahui tips hemat berkomunikasi di Arab Saudi, supaya turut ‘bugar’ jalur komunikasinya. Tipsnya yaitu, G-Readers harus menggunakan operator Indosat sebelum berangkat. Karena Indosat memberikan 3 menit gratis setiap hari menerima telepon dari mana saja ketika di Arab Saudi [selebihnya dikenakan Rp 2.500 per menit].

Indosat juga menawarkan paket murah internetan dan Blackberry sepuasnya seharian hanya Rp 35.000 per hari [bagi pelanggan IM3 dan Mentari bisa mengatifkan Paket Data Unlimited 10 hari dengan biaya Rp 250.000 dengan cara aktivasi *122*502#].

Juga tarif telpon dan SMS-nya sangat murah, menelpon ke Indonesia dan lokal Rp 7.500 per menit, menelpon internasional Rp 45.000 per menit, menerima SMS gratis, mengirim SMS Rp 1.000 per SMS, dan Data Retail Rp 150 per Kb.

Asyiknya lagi, promo umrah Indosat bisa dinikmati di seluruh operator di Arab Saudi tanpa perlu setting untuk memilih jaringan, dan semua tarif sudah termasuk PPN 10%. Jadi selain sudah tahu tips bugar fisik di sana, G-Readers juga tahu tips ‘bugar’ berkomunikasi di sana. «

SHARE