Thrissur Pooram festival seru di Kerala, India

0
205
Thrissur Pooram
Thrissur Pooram

Populasi India adalah terbesar kedua di dunia, negara ini memiliki 29 negara bagian, dan ada 7 agama yang diakuinya. India kini menjadi salah satu pemain terbesar dalam perangkat lunak.

Dalam segi budaya, India memiliki ratusan adat khas yang menarik untuk diketahui. Budaya India juga mempengaruhi perkembangan budaya di Indonesia ini.

Festival budaya yang terdekat dan seru untuk dinikmati di India pada April nanti adalah Thrissur Pooram di Kerala, India Selatan.

Dinamakan Thrissur Pooram, karena festival ini diadakan di kota Thrissur yang merupakan kota keempat terbesar di negara bagian Kerala. Dan kata Pooram adalah nama hari dalam kalander Malayalam atau kalander Hindu yang digunakan di Kerala. Pooram adalah hari ketika bulan terbit bersama dengan bintang Pooram.

Perayaan Thrissur Pooram tak mengenal agama. Masyarakat Thrissur berbaur bersama merayakan kejadian setahun sekali ini. Festival berpusat di candi Vadakkumnatha yang diikuti 10 candi lainnya yang dibagi dalam dua grup, Grup Barat dan Grup Timur.

Kemeriahan perayaan ini sudah terasa dua hari sebelumnya, gajah-gajah sudah terlihat memasuki kota, dan candi-candi beronamen lampu warna-warni.

Pada hari H, ribuan orang membanjiri Thrissur Pooram. Belasan gajah dihias cantik. Ragam musik bertaluh-taluh dalam kegembiraan ini. Kemudian ada kompetisi mengganti payung di atas setiap gajah yang hadir. Malamnya pesta kembang api membuat wajah kota Thrissur berseri-seri. Thrissur Pooram adalah salah satu festival terbesar di negeri India ini.

Tepatnya puncak perayaan ini akan terjadi pada 28 April 2015. Di mulai sejak pagi hingga malam hari. G-Readers akan mendapati banyak keseruan di acara ini yang bisa dibagikan langsung lewat akun sosial. Untuk itu, pastikan dulu operator yang digunakan tak bikin bengkak tagihan.

Indosat adalah operator yang menetapkan tarif maksimal hanya Rp 79.000 per hari untuk internetan sepuasnya seharian. Sehingga tak akan ada pembiayaan yang tinggi untuk komunikasi. Karena itu sebelum G-Readers pergi menuju perayaan Thrissur Pooram, pastikan dulu kartu Indosat sudah terpasang dalam smartphone G-Readers. Dan setiba di India, G-Readers tak perlu lagi setting pemilihan jaringan operator. Asyikkan. « [teks @bartno | foto id.dollarphotoclub.com]

SHARE