Bagaimana Iwan Fals pertama kali kenal musik?

0
535
Iwan Fals
Iwan Fals

Siapa orang Indonesia yang tidak kenal Iwan Fals? Musisi yang terkenal lewat lagu-lagu dengan lirik kritis seperti di lagu “Surat Buat Wakil Rakyat”, sampai lirik gombal seperti di lagu “Mata Indah Bola Ping Pong” ini dikenal seantero Nusantara.

Namun, apakah G-Readers ingat, bagaimana sosok legendaris di industri musik tanah air ini mengawali karir musiknya, sampai menjadi musisi yang disegani seperti sekarang? Kepada 89.6 FM I Radio Jakarta, Iwan Fals menceritakan awal mula ia tertarik dengan musik.

Kala itu, tepatnya saat Iwan kecil, ia sering mendengarkan permainan gitar kakaknya, dan salah seorang teman kakaknya. Selain itu, Iwan juga mendengar permainan gitar tetangganya setiap sore.

Saking penasaran dengan gitar, suatu hari ia memainkan gitar milik teman kakaknya secara sembunyi sembunyi. Namun malang bagi Iwan, senarnya malah putus!

“Waduh itu kayak neraka banget. Serem banget kan. Terus, ya Allah gimana caranya nyambung, sampai ketakutan, terus dimarahin,” cerita pelantun lagu “Yang Terlupakan” itu, saat ulang tahun 89.6 FM I Radio Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pengalaman tersebut membekas dalam ingatannya, dan malah membuatnya semakin suka dengan gitar. Saat ia disuruh meneruskan sekolah ke Jeddah, Arab Saudi, ia minta dibelikan gitar oleh ibunya. Sang ibu pun mengabulkan permintaan anaknya.

Gitar menjadi temannya saat di Jeddah. Iwan yang saat itu duduk di bangku SMP merasa kesepian.
“Jeddah itu sepi. Satu kelas cuma tiga orang. Nggak betah kan karena sepi,” tambah Iwan.

Setelah sembilan bulan di Jeddah, Akhirnya Iwan kembali ke Indonesia dan melanjutkan sekolahnya di tanah air.

Selain gemar bermain gitar, sejak kecil Iwan juga gemar menyanyi. Menyanyi di depan banyak orang pertama kali ia lakukan saat duduk di bangku sekolah dasar. Iwan menyanyikan lagu-lagu yang terkenal pada masa itu, seperti lagu “Pilu” (Panbers), “Kolam Susu” (Koes Plus), dan lagu-lagu dari Benyamin Sueb.

Dibangku SMP, Iwan sudah menciptakan lagu. Dengan lagu ciptaan pertamanya, berjudul “Aku dan Sekolah”. Lagu tersebut bercerita tentang sulitnya bangun pagi dan dapat guru yang galak.

Awal terjun ke industri musik tanah air

Aktif di industri musik tanah air sejak tahun 70-an, sampai saat ini Iwan telah merilis 44 album. Sebelum masuk dapur rekaman, awalnya ia sering diminta mahasiswa-mahasiswa Institut Teknologi Bandung [ITB] untuk menyanyi di berbagai acara. Kemudian, lagunya direkam oleh radio 8EH ITB.

Tiba-tiba ada seseorang dari Jakarta datang ke Bandung, dimana Iwan tinggal pada saat itu. Orang tersebut mengajak Iwan untuk rekaman. Jadilah Iwan merekam lagu-lagu ciptaannya.

Iwan memiliki banyak sekali fans, ia menuturkan, terdapat tiga komunitas yang termasuk dalam fans keluarga besar Iwan Fals, yaitu Fals Mania FC-SI (Fama), Ormas Oi (Oi), dan Komunitas Tiga Rambu (K3R).

“Oi tuh ormas, yang paling tua Fama, nggak ter-manage, tapi dia ada dimana mana. K3R yang manage Cikal, itu fans yang masuk di bawah management. Tapi lebih banyak Fama.” Tutur Iwan.

Iwan cukup dekat dengan para fansnya. Ia sering mengajak fansnya untuk ngobrol dan berdiskusi. Bahkan, tak jarang Iwan menciptakan lagu dari hasil diskusi tersebut. Selain itu, Iwan dan fans nya juga sering mengadakan acara jambore dan kemping.

“Dulu waktu tinggal di Condet hampir setiap hari ngobrol, dari pagi sampai magrib. Karena saya selalu di rumah,” tutup Iwan. « [teks[email protected]foto @philomimi]