Mathias Muchus, sambangi barak tentara demi ToBa Dreams

0
335
Mathias Muchus
Mathias Muchus
Mathias Muchus
Mathias Muchus

Sosok Mathias Muchus bukanlah seorang yang asing lagi di kancah perfilman. Sekitar ada 25 judul film sudah diperankannya dengan sukses. Terbaru, aktor berusia 58 tahun ini, turut berperan di film “ToBa Dreams”.

Mathias mengaku di film “ToBa Dreams” ia mendapatkan peran yang cukup berbeda dari peran sebelumnya. Suami dari Mira Lesmana ini memerankan tokoh Sersan Tebe, seorang tentara. Rasa excited pun ia rasakan ketika mendapatkan peran ini.

Film ini berusaha membuka “kulit” apa yang terjadi sebenarnya pada seorang tentara. Bukan perkara yang mudah bagi seorang pemain film yang tersohor seperti dirinya, untuk menadalami karakter Sersan Tebe.

Menjadi sosok yang bertanggung jawab terhadap negara, dan menjadi garda terdepan adalah tantangan feel yang harus ia dapatkan dalam mendalami karakter.

Feel yang susah didapatkan adalah, feel yang bisa bertanggung jawab sama negaranya, dan dia mau pasang badan untuk negaranya, dan dia mau mati negaranya itu susah,” ujar pria kelahiran 15 Februari 1957 ini, kepada Ghiboo, di kawasan Sarinah-Thamrin, Jakarta, Kamis, 16 April 2015.

Demi perannya sebagai tentara, Mathias pun mencoba menggali dengan melakukan riset ke barak tentara dan mencari referensi lainnya.

Konflik antara bapak dan anak

Konflik yang berputar dalam film Toba Dreams ini adalah persoalan dalam kekeluargaan. Terutama konflik antara bapak [Mathias Muchus] dan anak [Vino G. Bastian].

Keras adalah karakter yang cocok untuk menggambarkan sosok dari Sersan Tebe, pada film saduran novel “ToBa Dreams”. Selain itu Sersan Tebe digambarkan sebagai seorang pensiunan tentara yang ingin kembali ke kampungnya. So, pergulatan konflik keluarga yang tak bisa diselesaikan begitu saja dan makin sengit. Dimana tak ada suasana harmonis lagi, antara bapak dan sang anak.

Karena tema keluarga yang diangkat, membuat semua orang yang terlibat dalam film ini, termasuk pemain dan kru turut meresapi rasa kekeluargaan itu.

“Film ini seperti membangun sebuah keluarga, bagaimana membangun sebuah tatanan dan pondasinya,” tambah aktor asal Pagaralam, Sumatera Selatan ini.

Selain mengulas tentang kekeluargaan, film ini juga mengangkat kisah bagaimana seorang pensiunan tentara dengan nasib luntang-lantung-nya, yang kerap tidak diperhatikan negara.

Dibalik pendalaman akan karakter tokoh Sersan Tebe, Mathias pun menyebutkan salah satu dialog yang cukup mengena dihatinya, dari perkataan Sersan Tebe dalam film “ToBa Dreams”.

“Keberhasilan itu, bukan karena kau bukan menjadi orang kaya. Tapi, keberhasilan itu karena kau berhasil menjadi orang baik.”

So, G-Readers, kamu sudah tahu kan bagaimana seorang aktor sekelas Mathias Muchus sangat berkerja keras untuk peran yang dimainkannya? Ia pun mengajak penonton Indonesia untuk menonton film “ToBa Dreams”, yang mulai tayang pada 30 April 2015, dibioskop tanah air.

“Jadi nontonlah, termasuk kamu. Jika kamu mengaku orang Indonesia,” pesan Mathias Muchus untuk mengingatkan bahwa film ini layak untuk ditonton. «[teks @03BMAI | foto @mirzablue]