Ketahui hal ini sebelum membeli softlens warna

0
399
softlens

softlens

Softlens kini memiliki multi fungsi. Selain alat untuk rehabilitasi mata, lensa kontak digunakan juga untuk memperindah mata. Pasti diantara G-Readers kerap memakai lensa kontak, dan ada yang lebih memilih lensa kontak berwarna karena sisi fashion-nya.

Namun, jangan asal pilih nih. Bakal repot banget efeknya ketika kamu salah memilih softlens. Bahkan biayanya lebih mahal dibandingkan saat membeli softlens-mu itu.

Ini dia fakta menariknya

Pigmen warna atau bagian lensa yang memberikan warna pada matamu merupakan hal lain yang harus kamu ketahui dan perhatikan. Jangan sampai pigmen warna itu bersentuhan langsung dengan kelopak matamu [pigmen warna di depan permukaan lensa] ataupun dengan kornea mata [pigmen warna di bagian belakang permukaan lensa].

Pigmen warna yang aman terletak pada bagian tengah softlens, terbungkus 2 lapisan bening. Kamu berhak tahu dan bertanya untuk soal yang satu itu. Karena efek pigmen warna yang bersentuhan langsung dengan mata bisa mengakibatkan iritasi yang parah.

Penelitan dari Dr. Pauline Cho PhD, FAAO, Associate Professor, School of Optometry, Hong Kong Polytechnic University, memaparkan pigmen warna mempengaruhi pelekatan bakteri.

Dr. Cho menguji 13 brands yang dibeli baik di optik, toko, maupun online. Beliau melakukan penggosokan 13 softlens berwarna tersebut sebanyak 20 kali penggosokan, baik di depan maupun di belakang softlens untuk menentukan letak pigmen warna. Hasilnya menunjukkan dari 13 brands, hanya 2 brands saja yang lulus tes pigmen warna [pigmen warna terletak di tengah softlens].

Apa yang harus diperhatikan?

Jadi, ini pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum membeli lensa kontak:

» Angkat kaki ke dokter mata
Sebelum memeriksakan ke optik, langkah yang paling aman adalah memeriksakan ke dokter mata terlebih dahulu. Apakah matamu layak untuk pakai lensa kontak, apakah ada gangguan mata yang kamu belum ketahui. Kamu juga bisa sekalian mengukur matamu di sana.

» Registered!
Setelah berhasil melalui tahap pemeriksaan dokter mata, pilihlah lensa kontak yang kamu inginkan dan sudah teregistrasi oleh Kementerikan Kesehatan Republik Indonesia.

» Optik yang terpercaya
Tak harus memandang optiknya besar atau kecil, banyak orang atau tidak. Satu hal yang terpenting adalah pelayanan optisien yang memiliki STR [Surat Tanda Registrasi].

» Following the procedure
Kamu baru pertama kali memakai lensa kontak, coba ikuti arahan dan prosedur dari optisien. Mulai dari cara perawatan maupun pembersihan lensa kontak.

» Be aware
Jika terjadi iritasi, bengkak, berair, nyeri, hingga rasa mengganjal pada mata, kamu harus cepat mengkonsultasikannya ke dokter. Siapa tahu kamu memang tak cocok dengan softlens berwarna itu. «[teks[email protected] | foto eyecenteroptometric.com]

SHARE