Putri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri bicara pariwisata Republik ini

0
354
Anindya Kusuma Putri
Anindya Kusuma Putri

Penggemar basket, badminton, dan traveling ini sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan diri untuk ajang Miss Universe tahun ini. Ia adalah Putri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri.

Pengalamannya yang pernah menjadi host suatu acara jalan-jalan di sebuah televisi nasional, menggelitik kami untuk menanyakan mengenai pariwisata negeri ini yang dijuluki zamrud kathulistiwa.

Pertanyaan kami adalah, menurut kamu melihat Indonesia sebagai negara kepulauan [13.466 pulau], dengan jumlah bahasa lebih dari 450, dan suku bangsa mendekati angka 1.500, potensi pariwisata apa yang seharusnya lebih digali?

Anin [sapaan akrabnya] menjawab:
“Kalau menurut aku adalah maritim. Karena kan kita tahun ini fokus di Maritim, walaupun kita punya Bali, Lombok, Bunaken, dan banyak lagi wisata bahari yang sudah bagus, tapi masih banyak daerah-daerah yang belum kita sentuh. Dan yang juga harus kita kembangkan adalah masyarakat daerah itu sendiri, masyarakat maritim. Kebanyakan kan turis-turis yang ke Indonesia pada nyari pantai, nah, kita harus memanfaatkan itu.”

Tanggapan kamu mengenai pernyataan Gubernur D.K.I bahwa Kepulauan Seribu akan dijadikan seperti Maldives?

Anin
“Itu mungkin terjadi. Tapi ya itu, masalahnya sekarang untuk menjadikan suatu tempat itu lebih menarik, kadang orang-orang berpikir ‘wah ini pasti investor lagi-investor lagi.’ Kalau menurut aku masyarakat lokal juga diberdayakan. Karena banyak desa wisata yang berhasil, kita bisa ambil beberapa pelajaran positif dari desa wisata yang sudah berhasil kaya gitu.”

Karena waktu yang terbatas, pertanyaan terakhir kami pun jatuh ke lima benda yang selalu dibawa saat penggemar pebulutangkis nasional Susi Susanti ini berwisata.

Anin
1. HP
2. Kacamata
3. Tas ransel
4. Botol minum
5. Jam tangan.

‘Terima kasih Anin atas waktunya,’ ucap kami. Dan ia pun segera memasuki studio Hard Rock FM untuk sesi Ladies Night yang dipandu oleh Gofar dan Ryo. « [teks @bartno | foto @mirzablue]