Siapa pilihan Putri Indonesia dan Base Jam mengenai Kartini masa kini

0
316
R.A Kartini

Selamat hari Kartini G-Readers, Pahlawan Nasional Indonesia yang satu ini telah memberikan begitu banyak inspirasi bagi masyarakat Indonesia dan juga dunia.

Ia lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879, kepeduliannya terhadap kaum perempuan Indonesia yang begitu besar serta masalah sosial umum, mendorongnya untuk melakukan sesuatu perubahan yang lebih baik. Salah satunya adalah mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor Kabupaten Rembang.

Namun sayang perjuangan Kartini berhenti di usianya yang ke-25. Kartini wafat di hari keempat setelah ia melahirkan putranya. Tapi perjuangannya untuk menaikan harkat dan martabat perempuan Indonesia dilanjutkan oleh para penerus cita-citanya.

Sosok serupa Kartini memang tak bisa lagi ditemukan, tapi nilai-nilai yang disebarkannya tetap lekang sepanjang jaman. Karena itulah muncul Kartini-Kartini baru.

Seperti apa Kartini baru itu, berikut sosok Kartini masa kini versi Putri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri, dan dua anggota Base Jam.

Anindya Kusuma
“Menurut aku sosok tokoh Indonesia yang mewakili tokoh Kartini saat ini adalah Ibu Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan kita. Sejak beliau dipercaya menjadi Menteri hingga sekarang, Indonesia mendapatkan banyak perubahan. Terutama langkah untuk meledakan kapal pencuri ikan di laut Indonesia. Itu sangat berani sekali, dan jarang pemimpin yang berani mengambil tindakan seperti itu. Itu mencerminkan suatu tindakan yang berani dan benar untuk dilakukan.”

Aris Base Jam
“Mungkin kalau dari segi industri kreatif, gue sangat kagum sama Christine Hakim. Pertama gue nonton film dia itu Tjoet Nja’ Dhien dan itu luar biasa. Yang bikin gue bangga dia secara internasional sudah dikenal juga, dan dari kualitas aktingnya bagi saya sudah world class.

Sita Base Jam
Anggun C. Sasmi, karena dia salah satu example bahwa Indonesia bisa mendunia juga, dan bukan karbitan. Jadi bukan yang sekadar tren dan yang sekadar hilang gitu. Gue sih melihatnya salah satu seniman Indonesia yang komitmen, suaranya luar biasa, dan bakatnya luar biasa. Jadi dia menurut gue salah satu Kartini Indonesia. « [teks @bartno | foto Ryan Stones]