Voluntourism, are you?

0
153

Melihat dari struktur katanya Voluntourism terdiri dari gabungan dua kata, Volunteer dan Tourism. Sehingga maknanya menjadi kegiatan berwisata yang disertai dengan aksi sukarelawan.

Sebenarnya tanpa sengaja, kami percaya kamu pernah melakukan sesuatu yang sukarela dalam perjalanan wisata kamu. Seperti melakukan pembersihan di area wisata, membantu memberikan ide usaha kepada penduduk setempat yang tanpa sengaja meluncur lewat obrolan santai, atau turut dalam kegiatan menanam pohon yang dibundel sekaligus dalam paket wisata.

Dalam suatu talkshow mengenai voluntourism di hotel Amazing Koetaradja, Jakarta [23/04], yang digagas traveler Kaskus dengan menghadirkan Endro Catur seorang voluntourism, ada hal yang kamu harus ketahui sebelum berniat mengikuti cara wisata ini.

Menurut Endro, “Untuk mengaplikasikannya, pertama saya mesti kenal diri saya sendiri, keahlian saya apa, ketidakbisaan saya apa. Kedua, jadi ‘spons kering’ saja, sebanyak mungkin melihat dan mendengar, tapi nggak berhenti di situ, pas jalan-jalan ada kesempatan untuk membantu, ya membantu.”

Jadi, G-Readers sudah siapkah membuat jalan-jalan kamu berikutnya lebih bermakna? « [teks @bartno | foto Dollarphotoclub]

SHARE