Ragam jenis traveler yang mungkin cocok untuk kamu

0
135
Traveler illustration

Berwisata menjadi sesuatu hal yang pasti pernah dan akan dilakukan oleh semua manusia. Entah hanya sekadar jalan-jalan di mall, mencicipi kuliner kaki lima, atau mengunjungi lokasi terdingin di dunia?

Dan setiap traveler punya keinginannya masing-masing dalam berwisata. Nah, ada sebuah prediksi yang disponsori oleh Amadeus [penyedia solusi teknologi terkemuka untuk industri perjalanan global] dan ditulis oleh konsultan tren konsumen global, The Future Foundation, bahwa pada tahun 2030 nanti akan ada enam jenis wisatawan atau segmen yang akan muncul.

Proses penelitian melibatkan wawancara dan lokakarya dengan pakar-pakar industri serta penelitian tren konsumen di pasar-pasar perjalanan terkait, termasuk Australia, China, India, Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.

Berikut keenam tipe traveler itu:

1. Social Capital Seekers
Mereka akan merencanakan liburan dengan mempertimbangkan ulasan dari para pengguna internet dan rekomendasi teman-teman untuk mengukuhkan keputusan mereka. Sehingga sebuah pasar baru akan terbuka berdasarkan “profile-boosting breaks“, yang diisi dengan berbagai momen.

2. Cultural Purits
Tipe ini akan melihat liburan sebagai kesempatan untuk membenamkan diri dalam budaya asing-meskipun tidak nyaman. Karena kenikmatan liburan bergantung pada keaslian pengalaman.

3. Ethical Travellers
Rencana perjalanan mereka berdasarkan pertimbangan moral, misalnya, mengurangi jejak karbon atau memperbaiki kehidupan orang lain. Mereka akan sering berimprovisasi dan menambah beberapa unsur kegiatan sosial, pengembangan masyarakat, dan pelestarian lingkungan dalam liburan mereka.

4. Simplicity Searchers
Simpel aja, itu moto mereka yang lebih menyukai tawaran liburan yang sudah terpaket lengkap supaya tidak perlu bersusah payah mengatur detail perjalanan sendiri. Liburan bagi kelompok ini adalah saat-saat istimewa dalam hidup untuk memanjakan diri dengan keselamatan dan kesenangan yang terjamin.

5. Obligation Meeters
Ada dorongan tujuan tertentu bagi mereka dalam bepergian, baik untuk keperluan bisnis ataupun liburan, dan karena itu memiliki keterbatasan waktu dan anggaran. Mereka akan mencari teknologi cerdas yang dapat mengatasi kerumitan perjalanan.

6. Rewards Hunters
Penikmat jalan-jalan dengan tipe ini hanya tertarik pada perjalanan yang bertujuan untuk memanjakan diri. Banyak dari mereka ini menginginkan sesuatu yang mewakili penghargaan luar biasa atau pengalaman istimewa yang wajib dialami, sebagai hasil dari investasi waktu dan energi yang mereka peroleh dengan susah payah dalam kehidupan kerja mereka.

Ah, sudah kebayangkah kamu masuk dalam kategori mana di masa datang? « [teks & foto @bartno]

SHARE