The Fox Exploits The Tiger’s Might: kekuasaan dan seksualitas

0
183
The Fox Exploits The Tiger's Might

Membicarakan tema kekuasaan dan seksualitas dengan leluasa secara terbuka, jujur dan dewasa, tanpa penyensoran diri maupun penyensoran dari berbagai lembaga ternyata mampu membawa film pendek yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi, berjudul The Fox Exploits The Tiger’s Might ini berhasil masuk seleksi untuk kompetisi di salah satu ajang kompetisi film bergengsi dunia, dan diumumkan oleh panitia Critic’s Week (Semaine de la critique) pada 20 April 2015.

The Fox Exploits The Tiger's Might
The Fox Exploits The Tiger’s Might

The Fox Exploits The Tiger’s Might bercerita tentang dua anak laki-laki pra-remaja yang sedang bergulat dengan seksualitas mereka, serta hubungan antara seks dan kekuasan, di sebuah kota kecil yang sunyi tempat bercokolnya basis militer. David merupakan anak jendral yang sombong dan suka memamerkan kekayaan ayahnya, sementara Aseng datang dari keluarga etnis minoritas pedagang tembakau yang menjual minuman keras selundupan.

Selain memproduksi The Fox Exploits The Tiger’s Might, Babibutafilm bekerja sama dengan Hivos Asia Hub dan Yayasan Cipta Citra Indonesia juga memproduksi dua film pendek anyar di 2014; Kisah Cinta Yang Asu sutradara Yosep Anggi Noen dan Sendiri Diana Sendiri sutradara Kamila Andini.

Ketiga film tersebut diproduseri oleh Meiske Taurisia, Edwin, dan Tunggal Pawestri, dibangun sebagai undangan untuk “Mengalami Kemanusiaan“, merupakan sebuah ajakan yang memperkaya pengalaman kita akan kemanusiaan dan mengingat terus apa rasanya menjadi manusia, terutama ketika banyak hal sekarang ini yang menjauhkan kita dari memori tersebut.

Setelah pemutaran karya film pendek ini di GoetheHaus dan Kineforum pada bulan lalu, Institut Prancis di Indonesia (IFI) juga memberikan dukungan dengan menjadi tuan rumah dalam pemutaran film pendek The Fox Exploits The Tiger’s Might dan film lainnya pada 23 April 2015 lalu.

Direktur IFI, Bapak Bertrand de Hartingh mengatakan bahwa IFI sejak lama mendukung perfilman Indonesia dengan memperkenalkan kekayaan dan keberagamannya, baik di Indonesia maupun di Prancis. « [teks @EL_Sutopo]