Ikut X Factor Belanda, Angela Nazar pilih berkarier di Indonesia

0
234
Angela Nazar
Angela Nazar
Angela Nazar
Angela Nazar

Angela Nazar adalah pendatang baru di dunia hiburan Tanah air. Gadis yang piawai dalam menyanyi dan akting ini merupakan juara tiga ajang pencarian bakat X Factor di Belanda tahun 2013 (musim kelima). Kenapa Belanda? Karena, Angela lahir dan besar di Belanda.

Sebelum terjun secara total di Industri hiburan tanah air, Angela tampil menyanyikan lagu “Sebatas Mimpi” di konser Yovie Widianto yang bertajuk “Irreplaceable“. Single pertama Angela yang berjudul “Demi Hati” pun diciptakan Yovie untuk Angela. Selain itu, ia juga membintangi film “Mantan Terindah” berperan sebagai Tania.

“Aku merasa mas Yovie kayak mentor aku. Aku bersyukur banget, honoured banget bisa kerjasama sama mas Yovie,” ungkap Angela kepada Ghiboo di gedung Sarinah, Jakarta belum lama ini.

Menjadi kontestan X Factor Belanda

Saat ia menjadi kontestan X Factor Belanda, ia dibina oleh salah satu juri favoritnya, Ali B, yang merupakan rapper terkenal di negara tersebut. Angela mengatakan, para juri di ajang X Factor memang banyak mengkritik, tapi itu merupakan hal yang baik agar kualitas para kontestan bisa semakin meningkat.

“Di X Factor aku banyak belajar karena punya coach yang benar-benar kasih kritik tapi itu malah membuat aku bisa grow,” kata Angela.

Angela mengaku, bahwa tujuan awal ia mengikuti X Factor adalah untuk tugas akhir kuliahnya. Ia pun tidak pernah berharap untuk menang. “Walaupun nggak menang aku banyak pengalaman, banyak belajar, dan banyak ketemu orang. Walaupun nggak the winner tapi tetap senang banget,” kata Angela.

Menjadi juara tiga X Factor, Angela bisa saja terus meniti karier di Belanda. Namun, ia merasa misinya untuk menjadi penyanyi sudah tercapai di negara itu. Di samping itu, salah satu impiannya sejak kecil adalah berkarya di Indonesia, karena dalam diri Angela mengalir darah Indonesia, dari Ibunya yang orang Manado dan Ayahnya yang orang Padang.

Industri musik Belanda vs Indonesia

Menurut Angela, industri musik di Belanda didominasi oleh electronic dance music (EDM), sementara di Indonesia ada berbagai jenis musik, salah satunya dangdut yang dirasa lucu oleh Angela. “Lucu sih, karena di Belanda nggak ada jadi itu memang khas Indonesia,” ujar wanita yang gemar makan nasi pecel dan nasi goreng ini.

Angela pun meng-cover lagu dangdut berjudul “Sakitnya Tuh Disini”. Lagu tersebut bisa dilihat di youtube. Lagu dangdut yang ia nyanyikan diakui Angela memang dinyanyikan dengan aransemen berbeda, yang terdengar lebih seperti RnB atau Jazz.

Angela sendiri menyukai musik pop, terutama musik pop era 90-an, seperti musik yang dibawakan Mariah Carey dan Whitney Houston. “Terinspirasi RnB atau soul, tapi kalau musiknya tetap pop,” tuturnya.

Angela yang lahir pada 13 Desember 1993 ini kuliah di Nederlandase Pop Academie Performing Art. Ia mengambil studi Singer and Composer. Selain itu ia juga mempelajari akting, dancing, dan management.

Ilmu menciptakan lagu, Angela terapkan lewat single kedua yang akan rilis bulan Mei nanti. Angela mengatakan, inspirasi untuk menulis lagu, ia dapatkan dari pengalaman teman, keluarga, dan dirinya sendiri. Selain itu, ia biasanya menggunakan piano untuk membuat lagu.

“Single kedua itu lagunya terdengar happy, tapi sebenarnya liriknya galau,” tutup wanita yang gemar menonton film horor Indonesia ini.  « [teks[email protected]foto[email protected]]

SHARE