Cara agar bisa berpikir positif

0
210
be positive

be positive

Mendengar kabar rekan kantor naik jabatan, dan melihatnya tersenyum sumringah, pasti orang-orang di sekitar memberi selamat. Kamu pun, mau nggak mau ikut memberikan selamat dengan senyum yang dipaksakan, dengan seribu pertanyaan mengapa ia bisa dipromosikan?

Di situasi lain kamu mendapat kabar, jika teman dekatmu memamerkan foto pacar barunya yang teramat cantik  atau tampan, kamu ikut memberikan selamat. Tapi, di sisi lain kamu malah bersikap skeptis dalam hati, apa yang di pikirkan pacarnya sampai bisa memilih temanmu sebagai kekasihnya.

Ada rasa insecure yang mengarah ke rasa pesimis dalam menghadapi kenyataan kecil, maupun besar yang terjadi di sekitarmu. Ada perasaan nggak yakin untuk melakukan hal-hal yang seharusnya kamu bisa lakukan.

Dikutip dari psyhcentral.com, seorang psikolog, Tamar Chansky, Ph.D, mengatasi psikologis anak, remaja, dan orang dewasa yang mengalami masalah kecemasan. Narasumber menjelaskan yang termasuk dalam pikiran negatif, adalah rasa tidak yakin, anxiety, dan rasa kecewa ataupun rasa khawatir ketika menghadapi sebuah tantangan baru.

Lebih bahayanya lagi, negative thinking bisa memberikan efek negatif. Negative thoughts bisa menjadikan menjatuhkan mood seseorang, merasa tak berdaya, bahkan putus asa. Kamu nggak mau kan hal semacam itu terjadi pada dirimu?

Memang nggak enak jika terus-terusan pikiran dilanda hal negatif. Ini saatnya kamu menentukan pilihan mau berpikir negatif terus, atau belajar berpikir positif supaya pikiranmu bisa lebih adem menghadapi situasi. Ini caranya agar kamu bisa berpikir lebih positif.

» Percaya sama diri sendiri
Orang yang sukses berawal dari keyakinan pada diri sendiri. Memupuk rasa percaya diri penting, soalnya untuk melakukan suatu hal kamu harus yakin jika diri kamu bisa melakukannya. Bahkan, kamu bisa melakukannya lebih ketimbang orang lain.

» Punya goal
Kamu nggak mungkin mengendarai mobil tanpa tujuan, pasti di jalan bensinmu bakal habis sia-sia. Kamu punya goal kemana kamu akan pergi dan beranjak, sehingga kamu bisa fokus mengejar goal-mu itu.

» Don’t play victim
Jangan menyalahkan dirimu sendiri. Jika kesuksesan ada di tangan temanmu, kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Ambil saja hal itu sebagai pembelajaran dan curi kunci sukses temanmu. Kamu malah bisa belajar banyak dari dia. Jangan pesimis dulu sebelum mencoba dan hanya karena melihat teman berhasil.

» Kenali dan buang
Chansky juga menjelaskan kebiasaan manusia yang suka mendengarkan pikiran buruk yang datang dan membiarkan pikiran itu merajalela hari-hari seseorang, hingga mempengaruhi mood bekerja. Pikiran negatif itu melayang-layang di pikiran. Jangan diam saja dan merajalela pikiranmu! Menyadari jika memang pikiran negatif itu datang secara otomatis, tebas saja dengan pikiran netral atau bahkan positif. Buang jauh-jauh pikiran negatif itu.

» Read postive quotes
Kenapa nggak? Sekarang kebanyakan orang mengutip positive quotes untuk diri mereka sendiri. Kamu pun juga bisa. Coba pilih satu quote favoritmu dan tempel di dekat tempat tidur. Kamu bisa baca quote itu sebelum tidur, dan ketika kamu bangun tidur. Bahkan kamu juga bisa mengumpulkan quote-quote itu dalam sebuah buku yang kamu tulis. Coba yuk, G-Readers«[teks[email protected] | foto shutterstock]

 

 

SHARE