Intel Compute Stick, komputer seukuran saku

0
152

Bertepatan dengan 50 tahun Hukum Moore pada 5 Mei kemarin, Intel menegaskan kembali komitmen untuk menjadikan Hukum Moore sebagai acuan perubahan teknologi transformatifnya.

Komitmennya ini terwujud dalam tiga produk anyarnya. Salah satunya adalah Intel Compute Stick atau komputer seukuran saku.

Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia, menjelaskan bahwa “Intel Compute Stick dirancang untuk digunakan sebagai home entertainment, Digital signage display, Thin Client, dan dapat meningkatkan produktivitas kapan pun dan di mana pun.”

Lanjutnya, “Intel Compute Stick bisa mentransformasi segala jenis perangkat yang mempunyai tampilan HDMI menjadi komputer fungsional. Sehingga bisa stream media, bekerja, ataupun bermain games.”

Intel Compute Stick menggunakan sistem operasi Windows 8.1 dengan Bing atau Ubuntu 14.04 LTS; 2GB memory dengan kapasitas penyimpanan data 32GB; Koneksi wireless 802.11 b/g/n; Bluetooth 4.0 untuk keyboard dan mouse; Slot micro SD card untuk menambah penyimpanan data. Tetapi sayangnya produk ini baru bisa dimiliki publik Indonesia pada akhir Juni, dengan kisaran harga mendekati 2 juta rupiah.

Sedangkan untuk 2 produk Intel lainnya yang mengusung Hukum Moore adalah Prosesor Intel Core Generasi ke-5 dan Prosesor Intel Core M, yang semuanya dibangun dengan teknologi mikro sebesar 14nm.

Yohan Wijaya, Harry K Nugraha, Hermawan Sutanto
Yohan Wijaya, Harry K Nugraha, Hermawan Sutanto

[Penjelasan mengenai Hukum Moore – Semua teknologi komputer modern yang kita kenal dan nikmati berasal dari hukum atau asas yang dibangun oleh Gordon Moore, salah satu pendiri Intel Corporation. Hukum Moore menjelaskan bahwa jumlah transistor yang tergabung dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap 24 bulan]

« [teks @bartno | foto dok. Intel Indonesia]

SHARE