Lukman Sardi pilih wajah baru untuk peran Kartini

0
402
Lukman Sardi
Lukman Sardi

Lukman Sardi kini sedang mempersiapkan sebuah film yang mengangkat kisah tokoh emansipasi wanita, Kartini. Film tentang pahlawan wanita itu, tengah disiapkan dengan mengusung judul Surat Cinta Kartini.

Sebelumnya, seperti yang Ghiboo pernah beritakan, jika sutradara Hanung Bramantyo juga kini tengah mempersiapkan sebuah film yang mengangkat kisah Kartini, yang akan produksi mulai Desember 2015. So, apakah Lukman ingin bersaing dengan Hanung?

“Buat gue nggak masalah orang bikin tentang siapa, tapi dari sudut pandang yang beda. Melalui film sejarah, bisa kita intrepetasikan dengan cara yang beda. Itu sah. Ini sisi kreatif yang bisa dibangun,” kata Lukman saat ditemui awak media di Foundry 8, SCBD, Jakarta 6 Mei 2015.

Berbeda dengan Hanung yang telah menggandeng Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini, film Kartini versi Lukman memilih mencari wajah baru untuk memerankan tokoh Kartini.

Caranya, dengan mengadakan audisi yang diselenggarakan oleh MNC Pictures. Audisi tersebut pun telah ditutup akhir April lalu, dan dua orang yang terpilih akan dicasting langsung oleh Lukman.

Lukman pun mengungkapkan alasannya mencari wajah baru, dengan mengadakan audisi untuk peran Kartini. Ia dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan film Surat Cinta Kartini merasa bertanggung jawab untuk memperbanyak regenerasi, karena kurangnya pasokan.

Lukman berkata, bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang menyenangkan, karena tidak ada persaingan.

“Saat muncul yang baru kita akan senang. Semakin bagus regenerasi tanda industri film semakin baik,” kata aktor kelahiran Jakarta, 14 Juli 1971 ini.

Memilih pemain baru sebagai Kartini, Lukman siap ambil resiko dengan sesuatu yang baru. Lukman optimis hal tersebut akan menjadi hal yang baik. Menurut Lukman, artis baru muncul karena mereka diberikan kesempatan.

Soal diterima atau tidak oleh penonton, Lukman menyatakan bahwa hal tersebut sah-sah saja. “Satunya (film Hanung) dari sudut biopik, gue nggak, bukan soal kartini, tapi dari sudut pandang yang lain. Kita tidak merasa perlu bersaing,” ucap aktor pemeran film Sang Pencerah itu.

Lukman mengatakan, kalau film Surat Cinta Kartini tidak semuanya berisi sejarah. Ia mengambil sudut pandang yang jauh berbeda, dan hanya mengambil sedikit momen sejarahnya.

Namun, dari sekian hal yang ia ungkapkan mengenai film Surat Cinta Kartini, ia masih merahasiakan partisipasinya di film tersebut. Apakah menjadi sutradara atau pemain? “Lihat aja nanti,” pungkasnya. « [teks[email protected]foto[email protected]]

SHARE