Hengkang dari XO-IX, Nicky Riyant bersolo karier di jalur pop RnB

0
515
Nicky Riyant
Nicky Riyant

Nicky Riyant, mantan personel boyband XO-IX kini mantap bersolo karier, dengan merilis single pertamanya, berjudul “Cintaku Dikhianati”.

Single bergenre pop RnB yang diciptakan Bemby Noor tersebut, bercerita tentang kesedihan seorang pria yang telah dikhianati kekasihnya, padahal pria ini sangat-sangat mencintai dan berusaha menjadi yang terbaik untuk kekasihnya. Namun, ternyata sang kekasih tidak mencintai dan malah mengkhianati cinta mereka.

Kepada Ghiboo, Nicky pun mengungkapkan perasaannya setelah lepas dari XO-IX, grup boyband yang telah melambungkan namanya. Nicky merasakan hal yang sangat berbeda. Kini, saat di panggung ia harus tampil sendiri. Berbeda saat ia masih bersama XO-IX, selain tampil bersembilan, soal tugas pun mereka saling berbagi.

“Ada yang di depan untuk nutupin dance-nya, vokal lebih enteng. Sekarang udah nggak ada namanya bagi bagi tugas. Satu full performance dan konsep pun semua yang dilihat aku pribadi,” kata Nicky di kantor Ghiboo, gedung Sarinah, Jakarta, Rabu, 6 Mei 2015.

Alasan hengkang dari XO-IX

Nicky resmi keluar dari boyband XO-IX per-Januari 2015 lalu. Ia mengatakan, banyak pelajaran yang ia dapat selama empat tahun bersama XO-IX. Ketika bergabung di boyband, ia belajar untuk mengendalikan ego dalam bermusik, dan belajar industri musik lebih dalam. Semua pengalaman dan pembelajaran itu, ia jadikan bekal untuk mulai bersolo karier.

“Karena mereka delapan kakak-kakak aku di grup yang punya pemikiran masing masing, jadi belajar dari delapan orang itu juga,” tambahnya.

Adapun alasan Nicky memutuskan hengkang dari XO-IX, karena berbeda jalur musik dan visi-misi. Akhirnya, keputusan bersolo karier pun sudah bulat, dan merasa ini saatnya ia mengejar mimpinya di musik.

Penyanyi kelahiran Muntok, Bangka Belitung, 28 Mei 1991 ini menambahkan, musik XO-IX yang bergenre pop dance berbeda dari musik yang diusungnya saat ini, yaitu pop RnB.

Sejak kecil, Nicky memang menyukai lagu-lagu pop RnB, seperti yang dibawakan oleh Marvin Gaye dan Boyz II Men. Dengan bersolo karier, ia ingin menggabungkan antara musik yang dibawakan Brian McKnight dan musik yang dibawakan Justin Timberlake.

Memiliki passion yang kuat

Nicky akrab dengan musik sejak kecil, karena orang tuanya senang mendengarkan musik. Kegemaran orang tuanya tersebut menular kepadanya, maka ia pun bergabung dengan paduan suara, vokal grup, dan band saat dia duduk di bangku sekolah. Sejak itu, Nicky pun semakin tertarik dan yakin, jika musik memang passion-nya.

Akan tetapi, kesibukannya di industri musik saat kuliah membuat keluarganya menentang Nicky untuk terus melanjutkan kariernya, karena kuliahnya mulai keteteran. Bagi orangtua Nicky, pendidikan harus diutamakan, apalagi ibunda Nicky berprofesi sebagai guru.

Akhirnya, Nicky memutuskan untuk fokus kuliah sampai kuliahnya di London School of Public Relation jurusan Komunikasi Marketing selesai Desember 2014 lalu.

“Setelah pendidikan beres, akhirnya mereka bilang sok atuh, boleh sana di musik,” tutup pria yang sangat mengidolakan Justin Timberlake ini. « [teks[email protected]foto[email protected]]

SHARE