Manggung di Kanada /rif tuai pujian

0
465
/rif
/rif
/rif
/rif

Tepat sehari sebelum single “Turn Off The Light” dirilis dan diputar secara serentak di radio di Indonesia, band /rif baru saja pulang dari Kanada.

Kunjungan band yang digawangi Andy [vokal], Jikun [gitar], Maggi [drum], Teddy [bass], dan Ovy [gitar] ke Kanada, adalah untuk tampil di sebuah festival tahunan bernama Canadian Music Week 2015, yang diselenggarakan pada 1 – 10 Mei 2015. Festival tersebut menampilkan musik, film, dan komedi yang diikuti oleh partisipan dari seluruh dunia.

Menurut Andy, kesempatan tampil di Canadian Music Week 2015 mereka peroleh ketika sedang melakukan proses rekaman album terbaru mereka di studio Abbey Road, Inggris.

“Di London ketemu beberapa agent dan interview majalah disana. Efek dari situ kita diundang ke acara Canadian Music Week,” jelas vokalis  bernama lengkap Restu Triandy itu, kepada Ghiboo, di gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta, 15 Mei kemarin.

Di Kanada, /rif tampil membawakan delapan lagu berbahasa Inggris dari album terbaru mereka yang belum rilis, dan satu lagu berbahasa Indonesia, yaitu “Lo Toe Ye”. Andy mengatakan, bahwa inilah kesempatan /rif memainkan lagu-lagu baru tersebut sebagai salah satu bentuk promosi.

Bertempat di Hard Rock Cafe Toronto, 9 Mei 2015 lalu /rif tampil di hadapan para penonton Canadian Music Week 2015. Bagi /rif, tampil di acara tersebut merupakan hal yang mengasyikkan. Walaupun merasa seperti band pemula, karena tampil di hadapan penonton asing yang tidak mengenal /rif. Meski demikian, mereka merasa seluruh penonton menikmati, walaupun tidak tahu lagu-lagu /rif.

“Ada satu fans cewek, yang saat nonton dia goyang-goyang terus. Selesai manggung dia nyamperin, terus ngomong: you guys so blow my mind. Terus kita kasih kaos deh,” kata Jikun.

Sesaat setelah tampil, /rif juga mendapat komentar dari sebuah band asal Amerika bernama Palaye Royale yang tampil sebelum /rif di hari dan tempat yang sama. “Mereka band yang lagi naik daun. Mereka sempat memuji juga, katanya “you have a good sound, I like it,” cerita Jikun lagi.

/rif
/rif saat soundcheck di Hard Rock Cafe Toronto, Kanada

Palaye Royale bahkan sempat meminjamkan kabel gitar untuk Jikun, karena sesaat sebelum tampil, kabel gitarnya hilang. Jikun mengatakan bahwa /rif dan Palaye Royale saling mendukung.

“Mereka tahu kita kesana untuk mempromosikan album ini, jadi sesama band saling mendukung,” tambah Jikun, gitaris /rif.

Lepas dari kegiatan bermusik, saat di Kanada, /rif tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunjungi salah satu keajaiban dunia, yaitu Niagara Falls. Andy mengungkapkan rasa takjubnya melihat air terjun yang tinggi dan luas tersebut.

Andy mengatakan, selama ini ia hanya melihat Niagara Falls lewat tayangan televisi atau artikel di majalah, begitupun dengan Ovy. “Ajaib lah ya, seru. Keren lah,” ucap Ovy.

Setelah Kanada, /rif rencananya akan tampil di beberapa event musik internasional, yaitu di Incheon, Korea Selatan pada Agustus mendatang, serta di Osaka dan Tokyo, Jepang.

Penonton di luar negeri vs penonton tanah air

Beberapa kali tampil di luar negeri, Ovy mengatakan kalau kebanyakan penonton disana tidak terlalu mementingkan siapa musisi yang tampil. Bila mereka bisa menikmati musik yang dimainkan, meski tidak tahu lagu dan penyanyinya, mereka akan terus menonton sambil bergoyang mengikuti irama lagu. Menurut Ovy, itulah yang membedakan penonton di luar negeri dengan penonton Indonesia.

Ovy mencontohkan saat /rif tampil di Paris tahun 2006 silam. Saat itu /rif membawakan lagu-lagu berbahasa Indonesia. Tapi penonton di Paris sangat menikmati.

“Yang lucu kita mainkan beberapa lagu sampai dua kali. Kita sudah mainkan 14 lagu, penontonnya minta lagi minta lagi. Kita sudah bingung mau memainkan lagu apa lagi. Kita ulang lagunya, mereka tetap aja jingkrak-jingkrak,” pungkas Ovy.

Setiap kali tampil di depan penonton asing, Andy mengaku antusias ingin tahu respon mereka terhadap lagu-lagu /rif. Baginya tampil di luar negeri adalah kesempatan besar yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. « [teks[email protected]foto @E_MOTION_ENT dan @bartno]

SHARE