Lukisan termahal dari Pablo Picasso

0
187
Les Femmes d’Alger

Balai Lelang Christie mencetak rekor penjualan karya seni dengan harga tertinggi. Karya seni yang terjual adalah sebuah lukisan karya pelukis asal Spanyol Pablo Picasso.

Pablo Picasso menciptakan “Les Femmes d’Alger (‘O’ Version)” pada tahun 1955. Pada 11 Mei lalu atau 60 tahun setelah diciptakan, lukisan tersebut laku terjual dengan harga 179,4 juta dolar Amerika Serikat. Jika dirupiahkan, nilainya sekitar Rp. 2,3 triliun. Angka tersebut sebetulnya di luar perkiraan karena Balai Lelang Christie menaksir harga lukisan tersebut lebih rendah 39 juta dolar AS.

Hal ini menunjukkan bahwa peminat karya seni lintas generasi masih tinggi. Apalagi, setelah itu karya seni lain berupa patung juga laku dengan rekor harga tertinggi di tempat yang sama. Patung berjudul “L’homme au doigt (Pointing Man)” karya Alberto Giacometti laku dengan harga 141,3 juta dolar AS.

Nilai total penjualan karya seni yang dilakukan Balai Lelang Christie saat itu mencapai 705 juta dolar AS. Pada Januari lalu, Christie memang memprediksi bahwa penjualan karya seni akan mengalami kenaikan pada 2015.

Uniknya, proses lelang kedua karya seni tersebut tidak dilakukan secara langsung di lokasi Balai Lelang Christie, tapi melalui telepon. Adalah Brett Gorvy, kepala departemen seni kontemporer Christie yang mengawal proses lelang tersebut kepada para calon peserta lelang.

Seperti dilansir Luxury Daily, sejak awal tahun ini bisnis seni ritel secara dramatis mulai beralih dari bisnis di galeri ke penjualan secara online dan penjualan langsung dari artis yang bersangkutan. Menurut laporan dari Unity Marketing, 30 persen konsumen kaya membeli karya seni secara online.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa konsumen karya seni mayoritas adalah orang-orang berpendidikan, baik laki-laki maupun perempuan dan cenderung lebih muda. Untuk penjual karya seni yang mengandalkan penjualan dari galeri, sangat penting untuk memahami demografi dan kecenderungan pembeli karya seni.

Bagaimana dengan Anda, Brava Listeners, karya seni apa yang terakhir kali Anda beli? [teks M Kamal | foto christies.com]

Brava

SHARE