Manfaat membiasakan anak miliki waktu tidur rutin

0
94

Masih banyak orangtua muda yang membawa balita atau anaknya jalan-jalan ke mall hingga larut malam. Kebiasaan ini tak hanya mengganggu jam tidur anak, tetapi juga membentuk kelakuan anak. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa membiasakan anak tidur dengan waktu tidur rutin dapat membentuk kelakuan anak menjadi lebih manis.

“Menciptakan rutinitas tidur untuk anak adalah langkah sederhana yang setiap keluarga dapat lakukan,” ungkap peneliti utama sekaligus penulis penelitian, Jodi Mindell, seorang profesor psikologi di Universitas Saint Joseph di Philadelphia.

Sebelumnya, sebuah penelitian multinasional melakukan penelitian terhadap 10.085 ibu dari 14 negara yang melaporkan bahwa anak yang tidur dengan jam tidur teratur masih di bawah 50 persen. Dari temuan ini selanjutnya terungkap bahwa tidur di waktu tidur rutin dengan konsisten memberikan hasil tidur lebih baik bagi anak, termasuk waktu tidur lebih awal, kuantitas jam tidur bertambah, mengurangi masalah tidur di malam hari seperti mengigau hingga kelakuan anak menjadi tidak rewel di kala siang hari.

Mindell menyarankan Cosmoners untuk memulainya pada anak sedini mungkin. Untuk memulainya, cobalah buat jam tidur rutin yang dilakukan pada satu hari dalam seminggu. Kemudian semakin lebih sering seperti tiga hari dan seminggu, dan berlanjut hingga setiap hari. Agar kegiatan ini terlihat menyenangkan, cobalah untuk melakukan kegiatan sebelum tidur seperti mandi, menyikat gigi atau membaca dongeng. [foto krasnetoday.com]

Cosmopolitan

SHARE