Mengatasi migrain tanpa obat

0
150

Migrain atau sakit kepala sebelah menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan. Selain serangannya yang tiba-tiba, penyakit ini juga memberikan rasa nyeri ditusuk-tusuk seperti dipukul. Gejala migrain bisa sangat mengganggu aktivitas rutin.

Nah, apakah Cosmoners termasuk orang yang sering mengalami migrain? Sebenarnya, Cosmoners tak perlu meminum obat setiap kali migrain menyerang. Intinya, Cosmoners hanya butuh mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain rutin berolahraga, berikut ini beberapa cara mudah mengatasi migrain tanpa obat.

1. Minum kafein
Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan memicu migrain, tetapi jika mengonsumsinya dalam jumlah sedikit justru dapat meringankan migrain tersebut.

2. Jangan lewatkan makan
Migrain kerap kali muncul karena lapar ataupun dehidrasi. Oleh karena itu selalu sediakan sebotol air dan makanan ringan, seperti snack bar, biskuit dan buah apel.

3. Perhatikan apa yang Anda makan
Meskipun penderita migrain tidak boleh melewatkan makan, bukan berarti bebas makan makanan apapun. Ada beberapa makanan yang dianggap sebagai pemicu migrain, termasuk cokelat, aspartam dan pemanis buatan lainnya, kafein, alkohol, serta makanan yang mengandung tyramine (temukan dalam daging asap dan keju yang disimpan lama).

4. Luangkan waktu untuk bersantai
Stres termasuk pemicu munculnya migrain. Oleh karena itu, coba luangkan waktu selama 20 menit untuk bersantai atau melakukan meditasi untuk meredakan ketegangan. [foto greenacres.com]

Cosmopolitan

SHARE