Karya Sinta Tantra di Korea dan Indonesia

0
514
Sinta Tantra
Sinta Tantra

Membuat instalasi seni untuk publik di kota Songdo, Korea Selatan

Sinta Tantra, seniman Indonesia yang berbasis di London, Inggris, diminta oleh pemerintah Korea Selatan untuk membuat instalasi seni untuk publik yang dijadwalkan selesai pada September 2015.

Instalasi tersebut akan akan ada di dalam ‘kota pintar’ Songdo yang baru dibangun di Korea. Kota Songdo disebut sebagai ‘kota masa depan’ dan dianggap sebagai ‘utopia teknologi tinggi Korea’.

Sinta Tantra diminta untuk membuat lantai lukisan yang spektakuler sebagai bagian dari program utama seni publik yang akan melibatkan seniman Korea maupun internasional. Terletak di tepi laut, ukuran karya seni tersebut lebih dari 3.300 meter persegi dan akan selesai pada Juni 2015.

Karya seni tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan 10 tahun kota Songdo yang telah dibangun di atas 1.500 hektar tanah reklamasi yang terletak 35 mil (56 km) dari ibukota Seoul. Diperkirakan biaya untuk instalasi tersebut lebih dari $40 Milyar. kota Songdo tercatat sebagai pengembangan private real estate yang termahal dan terbesar dalam sejarah.

Memamerkan karya terbaru di pameran ART|JOG 8

 

Sementara itu di kancah nasional, Sinta Tantra akan memamerkan karyanya dalam pameran ART|JOG 8 tahun ini yang akan diselenggarakan pada 6-28 Juni 2015 di Taman Budaya Yogyakarta.

Dalam rangka delapan tahun penyelenggaraannya,  ART|JOG telah memantapkan dirinya sebagai salah satu highlights tahunan seni kontemporer Asia Tenggara. Karya-karya Sinta, Colour Flux Ping Pong, akan ditampilkan dalam instalasi interaktif di mana pengunjung dapat berpartisipasi dalam permainan ping pong.

Pameran ART|JOG tahun ini bertemakan Infinity in Flux yang terinspirasi oleh gerakan Fluxus di tahun 1960 an. Infinity in Flux akan menghadirkan seniman-seniman Indonesia maupun internasional. Penyelenggaraan ART|JOG juga akan menampilkan presentasi spesial dari Yoko Ono. « [teks[email protected]foto @sintatantra]

SHARE