Canon perkenalkan kamera DSLR beresolusi tertinggi di dunia

0
123

Teknologi yang terus berkembang dan kemudahan yang dihasilkan karenanya, membuat manusia semakin terbantukan.

Demikian pula dengan produsen kamera Canon yang mengeluarkan seri kamera DSLR terbarunya dengan resolusi tertinggi di dunia, yakni EOS 5DS dan EOS 5DSR, dengan resolusi 50.6 megapiksel. Melalui piksel yang besar itu, Canon membidik segmen profesional fotografer, tetapi juga membuka bagi siapa saja yang ingin merasakan hasil yang lebih detail dari EOS 5DS dan 5DSR ini.

Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Div., PT. Datascrip, menyampaikan “Kehadiran EOS 5DS dan EOS 5DSR seakan menjawab kebutuhan para pecinta fotografi yang membutuhkan hasil foto yang memuaskan dengan detail yang menakjubkan. Dengan beragam kelebihan dan keunggulan di dalamnya, kedua kamera ini cocok untuk digunakan mulai dari penggiat fotografi landscape, foto studio hingga untuk kebutuhan fotografi komersil yang memerlukan resolusi tinggi.”

Yang membedakan dari dua seri terbaru Canon ini adalah, pada EOS 5DS ada teknologi Optical Low-Pass Filter [untuk meminimalisir distorsi yang tidak diinginkan atau efek moire], sedangkan pada EOS 5DSR dilengkapi dengan LPF Effect Cancellation [untuk menjaga detail foto tetap apik dan menjaga kemampuan kamera tetap optimal].

Untuk menjaga ketajaman hasil dari dua kamera baru Canon ini, EOS 5DS dan 5DSR turut pula dilengkapi oleh fitur:

  • Mirror Vibration Control System, guna mengurangi efek blur guncangan kamera dengan cara meredam getaran yang terjadi pada saat cermin bergerak.
  • Release Time Lag Arbitrary, yang dapat mengurangi getaran kamera. Pengaturan ini bekerja dengan cara membuka exposure hanya pada saat cermin terbuka. Pengguna dapat mengatur jeda waktu mulai dari 1/8 detik hingga 2 detik.
  • Fine Detail, dirancang untuk memaksimalkan resolusi kamera dengan detail yang tajam pada foto-foto yang dihasilkan.

Selain itu, kedua produk andalan baru Canon ini memiliki prosesor terbaru yakni Digic 6, dan mempunyai kemampuan 5 frames per seconds [fps]. Memiliki 61 titik fokus. Mampu tetap fokus pada objek yang bergerak karena adanya sistem EOS iTR [Intelligent Tracking and Recognition]. Juga dilengkapi dengan sistem AE terbaru yang mengusung 150.000 piksel RGB + Sensor Metering IR, sehingga pengukuran metering menjadi lebih akurat.

Sebagai tambahan, fitur Timelapse Movie juga ditanam di kedua seri 5 terbaru ini. Jarak exposure dapat diatur dari 1 detik hingga 99 jam, dengan jangkauan exposure mulai dari 2 hingga 3600.

Nah, kedua kamera ini sudah bisa dipesan dengan harga, EOS 5DS: IDR 55.000.000, dan EOS 5DSR: IDR 58.000.000. [teks & foto @bartno]

SHARE