10 landmarks wisata terbaik di dunia

0
148
Angkor Wat

Apa kata wisatawan dari seluruh dunia mengenai landmarks wisata terbaik di dunia? Jawabannya ada pada survei yang dilakukan situs travel Trip Advisor yang telah berdiri sejak Februari 2000.

Situs serba-serbi wisata yang mendapatkan kunjungan pengguna dunia maya sebanyak 340 juta setiap bulannya ini menyampaikan bahwa, penentuan landmarks terbaik ini dilakukan menggunakan algoritma tertentu sehingga mengumpulkan dan mendata jumlah, kualitas, dan hasil review dari para pelancong di seluruh dunia selama 12 bulan.

Dari perhitungan algoritma tersebut, berikut 10 landmarks terbaik di dunia versi algoritma mereka.

1. Angkor Wat
Terletak di Siem Reap, Kamboja. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Khmer Suryavarman II. Setiap tahun pengunjungnya selalu meningkat. Pada tahun 2012 lalu, mencapai lebih dari 2 juta turis.

2. Machu Picchu
Area pegunungan dengan pemandangan menawan di negara Peru. Wilayah pemukiman di sini dipercaya dibangun sebagai tempat mewah bagi Kekaisaran Inca di bawah pimpinan Pachacuti [1438-1472].

3. Taj Mahal
Istana yang dibangun dengan landasan cinta pada tahun 1632-1653 oleh Kaisar Mughal Shah Jahan. Setiap tahunnya lebih dari 3 juta turis berkunjung ke sini. Lokasinya terletak di Agra, Uttar Pradesh, India.

4. Sheikh Zayed Grand Mosque Center
Masjid megah yang dibangun selama 11 tahun ini [1996-2007] merupakan masjid terluas di United Arab Emirates [UAE], yang letaknya berada di Abu Dhabi. Saat sholat Idul Fitri, masjid ini mampu menampung 40 ribu jamaah.

5. Basilica of the Sagrada Familia
Adanya di Barcelona, Spanyol. Gereja katolik ini didesain oleh Antoni Gaudi dan mulai dibangun pada tahun 1882. Tetapi pembangunannya belum selesai karena tertunda akibat dana dan kondisi politik. Namun kini sedang dimulai lagi. Diperkirakan bakal selesai di antara tahun 2026-2028.

6. St. Peter’s Basilica
Gereja megah yang berlokasi di Vatikan, Italia ini dibangun pada tahun 1506 dan selesai di tahun 1626. Desainnya bergaya Renaissance dan dibangun oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Maderno, dan Gian Lorenzo Bernini.

7. Milan Cathedral [Duomo]
Katedral berdaya tampung 40 ribu umat ini membutuhkan waktu 6 abad untuk dibangun [1386-1965]. Pembuatnya Archbishop Antonio da Saluzzo.

8. Alcatraz
Tempat ini pernah menjadi penjara bagi para narapidana kelas kakap di Amerika. Namun kini, Alcatraz yang berlokasi di San Francisco, California, menjadi tempat tujuan wisata yang menarik.

9. Corcovado – Cristo Redentor
Patung Jesus setinggi 30 meter atau yang disebut dengan Cristo Redentor ini berdiri di area gunung Corcovado yang memiliki ketinggian 710 meter di atas permukaan laut. Letaknya di pusat Rio de Janeiro, Brasil. Sunset dan sunrise dari posisi ini, tiada duanya.

10. Golden Gate Bridge
Jembatan yang menghubungkan kota San Francisco dan kota lainnya di Amerika ini memiliki panjang 2,7 km, dan dibangun selama 4 tahun [1933-1937]. Situs wisata Frommers menjuluki jembatan ini sebagai yang paling fotogenik. [teks @bartno | foto dok. Trip Advisor]

SHARE