Aturan gadget dan media sosial untuk si kecil

0
90

Kapan sih anak sudah boleh menggunakan gadget dan bagaimana cara mengawasi mereka di media sosial? Apa ya jawaban psikolog Nuniek Ardianto mengenai hal ini? Ini dia jawabannya saat berbincang singkat dengan Dave Hendrik di Diary Dave.

Saat Cosmocil sudah bisa bertanggung jawab dengan barang-barang miliknya, maka Anda sudah bisa memberikannya gadget. Setelah memberikan gadget, Anda juga perlu memberikan aturan-aturan pemakaian kepada mereka, “Misalnya anak-anak harus bisa merawat dan melarang membawa gadget saat makan,” contoh Nuniek.

Ketika anak menggunakan gadget, tentu tuntutan memiliki media sosial tidak dapat dihindari. Nuniek menyarankan Anda supaya tetap bersikap tegas pada mereka. Misalnya ketika anak berusia di bawah 13 tahun, orangtua disarankan untuk tidak memperbolehkan si kecil untuk memiliki media sosial terlebih dahulu. Bila sudah terlanjur, ternyata Anda bisa mengawasinya menggunakan aplikasi khusus untuk mengontrol media sosial si kecil dengan remote.

Nah, ternyata tidak hanya anak-anak saja yang perlu Anda awasi. Nuniek juga mengungkapkan bahaya cyber crime saat orangtua mulai mengunggah foto anak-anaknya di media sosial. Tidak sedikit orangtua yang posting foto aktivitas anak-anaknya secara rutin. “Terlalu sering posting keseharian anak, mulai dari sekolah, les, sampai check in lokasi di mana anak Anda berada bisa jadi bumerang untuk Anda. Sebaiknya mengunggah sesuatu yang bermanfaat, misalnya tempat liburan yang seru,” saran Nuniek.

Media sosial merupakan panggung semua orang. Hargai keputusan anak ketika ia tidak ingin orangtua mengunggah fotonya. Di samping itu, pastikan agar si kecil tidak menggunakan pakaian yang terlalu ‘frontal’ saat Anda akan posting fotonya di media sosial. Di era digital seperti saat ini, ada baiknya bila orangtua lebih melek digital dibandingkan anak sendiri. “Jejak digital akan mudah sekali dicari, maka berhati-hatilah dalam mengunggah foto-foto anak di media sosial,” ujarnya.

Dengarkan cerita inspiratif lainnya di Diary Dave bersama Dave Hendrik, setiap Kamis, pukul 19.00-20.00 WIB. Hanya di 90.4 Cosmopolitan FM. Stay tuned, Cosmoners. [foto nydailynews.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE