Sudahkah Anda memakan alpukat dengan benar

0
138

Bagaimana cara Anda memakan alpukat, Brava Listeners? Membelahnya lalu dimakan menggunakan sendok atau mengupasnya terlebih dahulu? Cara makan alpukat yang salah ternyata bisa mengurangi manfaatnya.

Alpukat dikenal sebagai camilan sehat karena selain rasanya yang lezat, buah tersebut juga menyehatkan bagi tubuh, salah satunya sebagai pengendali kolesterol. Kandungan potasium di dalam alpukat mampu bekerja secara aktif dalam menurunkan tekanan darah yang memengaruhi penurunan jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung banyak serat yang mampu menyerap semua jenis minyak dan lemak dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga bermanfaat bagi organ tubuh lain, seperti mata, yang diperbaiki kandungan Lutein, serta kandungan multivitamin seperti vitamin B kompleks, K, C, D, dan E, yang baik untuk kulit dan mencegah peradangan dalam tubuh.

Meski demikian, ternyata mengonsumsi dengan cara yang salah dapat mengurangi kebaikan-kebaikan alpukat tersebut. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan membelahnya lalu menyendok dagingnya menggunakan sendok. Para ahli gizi menilai, cara ini akan membuat Anda kehilangan bagian paling bergizi dari alpukat.

Menurut American Chemical Society seperti dilansir The Independent, daging kasar yang paling dekat dengan kulit alpukat sangat tinggi akan serat, kalium, asam lemak, antioksidan, dan vitamin B12 dan E. Sayangnya, bagian ini sering terbuang jika memakan alpukat seperti cara di atas atau saat mengupas kulit alpukat menggunakan pisau.

Daripada menyendok daging alpukat menggunakan sendok, cara terbaik untuk mendapatkan kandungan gizi dari daging buah tersebut adalah memotongnya menjadi dua bagian, buang bijinya, lalu potong lagi menjadi seperempat bagian. Setelah itu, kupas kulit alpukat menggunakan tangan. Alpukat yang cukup matang akan sangat mudah dikupas kulitnya tapi jika terlalu matang akan lebih sulit mengupasnya.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan bagian alpukat yang menyimpan kandungan gizi tertinggi. Untuk memudahkan proses mengupas, pilihlah alpukat yang matangnya pas yaitu yang kulitnya agak kehitaman [teks: Muhammad Kamal | foto: abcnews.com]

Sumber:

Brava

SHARE