Dampak buruk begadang untuk kecantikan

0
121

Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, Cosmoners. Namun, apakah Cosmoners tahu bahwa tidur yang cukup membantu menjaga penampilan kulit wajah Anda?

Berikut ini 5 masalah yang bakal Cosmoners hadapi akibat keseringan mengalami kurang tidur.

1. Lingkar mata. “Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah di bawah mata membesar, sehingga menyebabkan munculnya lingkaran hitam,” ungkap dermatolog Sonia Badreshia-Bansal, MD, dari University of California, San Fransisco.

2. Wajah lelah. Kurang tidur juga membuat Anda menjadi lebih stres akibat naiknya kadar hormon stres. Pada gilirannya, hal ini menyebabkan penampilan muka terlihat lelah, sedih dan bahkan tampak tua.

3. Jerawatan. Kurang tidur menyebabkan tingkat hormon stres, kortisol, meningkat dalam tubuh sehingga mampu mempengaruhi kondisi peradangan pada kulit, seperti jerawat.

4. Penuaan dini. Cosmoners yang sering begadang justru mempercepat penuaan. Selama tidur nyenyak, hormon pertumbuhan mengalami peningkatan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tanpa tidur yang cukup, kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak tidak akan terjadi.

5. Kenaikan berat badan. Tidur ternyata membantu Anda mengurangi rasa lapar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa kurang tidur menyebabkan keinginan ngemil dan konsumsi kalori secara berlebihan muncul. [foto: flickr.com]

Sumber:
Cosmopolitan

SHARE