Sejumlah artis terlibat dalam Qur’an Indonesia Project

0
205
Qur'an Indonesia Project
Qur'an Indonesia Project

Generasi muda produktif kini dapat mengakses Qur’an dengan lebih mudah, kapanpun dan dimanapun dengan Qur’an indonesia Project yang merupakan suatu inisiatif anak muda untuk berbagi nilai Qur’an melalui rekaman audio berisi bacaan ayat dengan bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. yang dipilih secara tematik dan dapat diunduh gratis menyambut Ramadhan 2015.

“Kita berharap, rekeman audio Qur’an Indonesia Project dapat membantu lebih banyak generasi produktif untuk lebih mudah memahami Qur’an dan terjemahannya, terutama di tengah era mobilitas yang tinggi dan serba sibuk ini,” ujar Archie Wirija, inisiator dan produser di balik Qur’an Indonesia Project saat jumpa pers di D’Gallerie Barito, Jakarta, belum lama ini.

Project sosial non komersil ini mendapat dukungan dari banyak artis, diantaranya Afgan, Raisa, Tulus, Gita Gutawa, RAN & HiVi, Acha Septriasa, Yanti Chrisye, dan lain lain. Selain artis, project tersebut juga mendapat dukungan dari berbagai latar belakang, seperti dokter Mesty Ariotedjo, penulis Alanda Kariza, stand-up comedian Ryan Adriandhy, pelukis dan animator Chiki Fawzi, dan Puteri Indonesia 2008 Zivanna Letisha.

Total ada 130 kontributor dalam proyek ini. Dalam membacakan ayat-ayat Al-Quran, para kontributor didampingi oleh guru mengaji, yaitu bapak Uci Armisi, pimpinan Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Al-Qur’an Madani.

Salah satu artis yang membacakan ayat Al-Qur’an dalam project tersebut adalah Raisa yang merupakan teman baik Archie. Menurutnya ini adalah project yang luar biasa. “Ini kesempatan yang langka dan mengingatkan diri saya sendiri, baca Qur’an sangat penting terlebih lagi mengetahui artinya. Buat saya ini bentuk dakwah modern dan nggak mengintimidasi anak muda,” ungkap Raisa.

Sedangkan Acha Septriasa baru mengenal Archie saat menalankan project tersebut. Ia membacakan surat Al-Fath ayat 27-29. “Dalam proses membaca Qur’an aku masih belajar. Aku pernah ikut lomba MTQ, baca surat Al-Fath dan itu surat yg aku hafal. Dalam proyek ini aku tunjukkan ke Archie. Jadi bagian project ini adalah hal yg membanggakan buat aku. Mudah mudahan project ini bisa membuka wawasan,” harap Acha.

Sejalan dengan tagline-nya, “sebarkan walau satu ayat”, rekaman audio Qur’an Indonesia Project dapat diunduh gratis mulai 1 Juni 2015 di situs QuranIndonesiaProject.com dengan mengikuti petunjuk yang disediakan. Selain itu, #QuranIDproject juga berkolaborasi dengan sejumlah seniman muda yang terinspirasi oleh ayat Qur’an dan menuangkannya dalam karya seni visual lukisan, fotografi, dan instalasi yang dapat dilihat oleh umum di D’Gallerie Barito mulai tanggal 5 hingga 7 Juni 2015.  « [teks[email protected]foto @ryanstones]

SHARE