Waspadai MERS saat pergi ke luar negeri

0
113

MERSMiddle East Respirator Syndrome [MERS] merupakan penyakit yang disebabkan oleh Corona Virus atau disingkat dengan CoV. Pertama kali virus ini dikenali di Arab Saudi pada tahun 2012.

Virus ini menyebabkan tubuh penderita mengalami gangguan pernapasan, demam tinggi di atas 38 derajat celcius, batuk, bersin berkepanjangan, sakit dada, dan sering terasa nyeri badan.

Penderita yang terjangkit MERS cuma ditangani untuk meringankan gejala yang diderita. Sampai dengan saat ini penelitian untuk menemukan vaksin MERS terus dilakukan.

Ada 25 negara yang melaporkan warganya terkena MERS, yakni, 10 di Timur Tengah [Mesir, Iran, Jordan, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi, UAE, Yaman], 2 di Afrika [Aljazair, Tunisia], 8 di Eropa [Austria, Prancis, Jerman, Yunani, Italia, Belanda, Turki, Inggris], 4 di Asia [China, Republik Korea, Malaysia, Filipina], dan 1 di Amerika Utara [Amerika Serikat]. Pelaporan kasus terbaru di tahun 2015 terjadi di China dan Korea. Dan kasus MERS terbanyak ada di Arab Saudi.

Penularannya bisa terjadi lewat kontak langsung dengan si penderita atau penggunaan alat secara bersama. Pada kasus MERS yang terjadi di Korea Selatan, diawali oleh seorang warga Korea yang menderita gejala MERS setelah bepergian dari Arab Saudi, Qatar, UAE, dan Bahrain. Ketika dirawat di Korea, selain meninggalnya si penderita, salah satu perawatnya juga meninggal karena tertular virus ini.

Kini sudah ada 4 korban meninggal karena MERS di Korea dan sekitar 1.600 warganya di karantina, serta Pemerintah Korea menutup lebih dari 900 sekolah dan kampus sebagai salah satu usaha menghentikan penyebaran wabah tersebut.

Karena itu bagi G-Readers yang hendak berwisata ke negara-negara tersebut perlu melakukan tindakan antisipasi berikut ini:

1. Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
2. Hindari kontak dengan orang sakit.
3. Hindari penggunaan alat makan dan minum bersama.
4. Selalu cuci tangan sebelum makan dan minum.
5. Gunakan masker saat beraktivitas di luar.
6. Lakukan vaksinisasi influenza, meningitis, dan penumokokus sebelum ke negara yang terjangkit MERS.
7. Terapkan pola hidup sehat selama di sana. Selalu jaga kebersihan dan pilih menu makanan yang higenis dan sehat.
8. Bila kamu mengalami gejala demam dan sakit pada saluran pernapasan setelah 14 hari bepergian dari negara-negara tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

[teks @bartno | foto abcnews.go.com]

SHARE