Mencari partner bisnis sama seperti mencari pasangan hidup?

0
73

Mencari partner bisnis ternyata hampir sama dengan mencari pasangan hidup lho. Ingin tahu tip dan trik bagaimana mencari partner bisnis yang ‘nyambung’? Cosmopolitan Expert Paulina Pungky berbagi tipnya untuk Anda di Smart Retail Startup.

Partner bisnis itu ibarat seperti cari pacar bahkan pasangan hidup kalau Anda ingin berbisnis dalam jangka waktu yang panjang. Tidak mudah mendapat yang klop. Nah, tapi sebenarnya lebih baik yang mana sih sendiri saja atau berpartner dalam bisnis. Keduanya tentu bisa memberikan banyak manfaat.

Kalau Anda lebih suka menjalankan bisnis sendiri, maka Anda perlu tim yang bisa membantu Cosmoner berpikir dengan berbagai kepala. Seperti ini saran Pungky, “Bila Anda ingin bisnis sendiri sebaiknya Anda tidak ‘bisnis buta’ yang tidak rasional karena semuanya diputuskan sendiri dengan hati, tanpa memakai logika,” ujar Pungky.

Bila Anda lebih senang punya partner, maka sama halnya dengan Pungky. Dengan begitu, Anda bisa bertukar pikiran, berbagi ide, berbagi derita, juga bahagia. Pungky mengungkapkan ada berbagai tantangan yang bisa Anda hadapi ketika bisnis, “Saat menjalankan bisnis ada masa di mana Anda merasa jenuh atau lelah sekali. Fungsi partner di sini adalah bisa saling mendukung Anda saat berada di posisi yang benar-benar super capek, supaya bisa sampai di garis finish bersama,” jelas Pungky. Lalu bagaimana mencari partner yang oke?

Pertama, yuk coba lihat terlebih dahulu, apakah ada nilai tambahan yang bisa dia berikan untuk Anda dan sebaliknya. Misalnya Anda jago membuat kue, tapi Cosmoner buta dalam urusan keuangan. Mungkin Anda perlu partner yang bisa melengkapi Anda sebagai jagoan keuangan dalanm berbisnis. Tapi pastikan juga ya bahwa dia juga harus suka membuat kue. Hal ini dimaksudkan supaya Anda bisa sama-sama ‘nyambung.’

Kedua, Anda juga perlu lihat lagi tentang komitmen dia terhadap bisnis yang ingin Anda berdua jalankan. Tidak banyak partner bisnis yang awalnya sahabatan malah berpisah di tengah jalan karena visi dan semangatnya berbeda. Ketika ada kesempatan untuk memperluas bisnis, Anda sangat agresif, tapi ternyata partner Anda malah setengah hati. Pasti hal ini bisa membuat hubungan Anda dan partner terjadi gesekan.

Ketiga, yuk coba cek apakah Anda dan partner memiliki chemistry atau tidak. Bayangkan apabila partner bisnis Anda merupakan seseorang yang sering Cosmoner temui untuk mengobrol masa-masa senang dan masa-masa sulit. Kalau tidak ada chemistry satu sama lain, lama-lama ujungnya terjadi gesekan.

Intinya, kembali ke diri Anda sendiri, Cosmoner. Lebih suka jadi single fighter atau ‘ganda campuran.’ Nah, ingin tahu tip dan trik seputar bisnis? Dengarkan Smart Retail Startup bersama Paulina Pungky, setiap hari Selasa, pukul 07.30-08.30 WIB di Breakfast Club, bersama Iwet Ramadhan, Novita Angie, dan Lembu Wiworojati. Stay tuned! <<teks : Fiona Yasmina | foto: www.pixabay.com>>

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE