Keseringan bad mood pertanda gangguan kesehatan serius

0
105
foto: thenewage.co.za
foto: thenewage.co.za
foto: thenewage.co.za

Suatu hal yang normal bagi setiap orang untuk mengalami bad day. Tapi ketika suasana hati yang buruk terjadi terus-menerus dan seolah-olah Anda kesulitan untuk keluar dari kebiasaan itu, mungkin ada masalah yang lebih serius.

Cosmoners sering bad mood? Coba deh mulai sekarang telisik penyebab dan mencari solusinya untuk mengurangi bad mood, ngambek, mudah putus asa atau cepat marah. Pasalnya, keseringan bad mood menjadi tanda-tanda awal seseorang mengalami gangguan mood serius, atau kerap disebut depresi. Duh!

Ya, tak ada salahnya untuk mewaspadai perasaan sedih atau marah berlebihan hingga muncul ‘drama’ membanting pintu atau memukul meja dengan kepalan tangan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan bahan kimia dalam otak yang biasanya mempengaruhi pikiran dan tubuh.

Untuk mengecek apakah Cosmoners mengidap depresi atau tidak, Anda bisa melihat dari perubahan sikap dan fisik tubuh. Misalnya, sedih merupakan salah satu tanda depresi, yang biasanya disertai dengan petunjuk fisik, seperti perubahan nafsu makan, insomnia, kelelahan ekstrim, dan Anda berhenti melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai. Selama bad mood itu tidak mengganggu rutinitas dan tidak menyebabkan masalah di rumah atau di kantor, berarti itu bukan depresi.

Ingat ya Cosmoners, tak ada alasan bagi Anda untuk menderita atau sedih. Yuk, berusaha untuk meningkatkan good mood. Depresi memang suatu penyakit, namun untungnya ada banyak pilihan pengobatan untuk mengatasinya.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE