Tubuh ramping pertanda sehat?

0
78
Foto: Popsugar.com

Di saat Cosmoners berusaha untuk mendapatkan bentuk badan ideal dengan menjaga pola makan, ada teman atau anggota keluarga Anda yang justru bisa makan banyak tanpa mengalami berat badan naik? Ternyata, mereka adalah pemilik tubuh tipe skinny-fat atau secara medis dikenal dengan istilah MONW [metabolically obese normal weight].

Pemilik tubuh ini cenderung memiliki tubuh ramping dengan sedikit atau kurang massa otot dan kadar lemak di bagian perutnya. Sayangnya, memiliki tubuh kurus bukan berarti selalu sehat, Cosmoners. Kebiasaan pola makan yang buruk dan kurang olahraga dapat menyebabkan malapetaka.

“Lemak visceral (lemak di sekitar organ-organ dalam rongga perut) jauh lebih berbahaya,” ungkap terapis gizi, Helen William yang dikutip dari Get The Gloss.

Sebuah penelitian dalam Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa hampir satu dari 4 orang bertubuh ramping mengalami pra-diabetes dan metabolik diabetes. Parahnya, skinny-fat person yang didiagnosis dengan diabetes memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang obesitas ketika didiagnosis dengan diabetes.

Lantas, apa kesimpulannya? Berat badan bukan satu-satunya fokus dalam gaya hidup sehat, Cosmoners.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE