Galeri Anak Negri, kumpulan kreasi kain nusantara

0
298

Indonesia memiliki lebih dari 16 ribu suku bangsa, karena itu ragam budaya yang dimiliki negeri ini luar biasa. Adalah Galeri Anak Negri yang bercita-cita untuk memajukan dan lebih mengenalkan lagi kain tradisional Nusantara, lewat aktivitasnya untuk menjadi wadah tempat berkumpul para pelaku dan pecinta kain negeri kita tercinta.

Galeri Anak Negri atau boleh juga disebut dengan GAN, selain menjadi wadah untuk tempat berkumpulnya para pelaku dan pecinta kain tradisional, juga bertujuan untuk bisa berperan serta dalam kampanye cinta batik dan budaya Indonesia.

Saat Ghiboo kunjungi ke tempat mereka, yang berlokasi di Komplek Perumahan IKIP Jl. Pendidikan Raya Blok I No.128A-2 Rt005/Rw014 Duren Sawit, Jakarta Timur, ada pelajaran kegiatan membatik di sana yang didampingi langsung oleh pembatik dari Tegal yakni, Bapak Saprudin dan Ibu Eni Rahayu.

Workshop membatik
Workshop membatik

Afriana Setyarani sebagai salah satu penggagas GAN menceritakan kepada Ghiboo “Kegiatan membatik ini adalah salah satu program kami untuk lebih mengenalkan dan membuat semakin cinta akan budaya sendiri. Selanjutnya GAN akan membuka workshop membatik dari awal hingga akhir prosesnya.”

Saat ini, GAN didukung oleh beberapa nama yang mungkin sudah tidak asing di dunia kain tradisional, dan beberapa diantaranya aktif mengikuti pameran-pameran, seperti SAPUTRI [batik Cirebon], APSARA [batik Tegal], DEWI SHINTA [tenun Troso], ADI BUSANA [batik Solo], DEDEN BATIK [batik Tasikmalaya], BATIK BOGOR TRADISIKU [batik Bogor], ALVIEN ALFAN [batik Pekalongan], serta akan menyusul beberapa nama untuk melengkapi koleksi GAN antara lain, batik Madura, Lasem, dan Betawi.

Selain Afriana Setyarani ada satu nama lagi penggagas GAN, yaitu Maya Lukita. Afriana sendiri sebelum bergabung di GAN adalah pelaku bisnis online batik yang lebih banyak bergerak di produk bahan baku [kain batik dan tenun], sementara Maya telah menekuni kecintaannya kepada kain tradisional sejak 7 tahun lalu, ia juga pelaku bisnis online batik dan tenun namun lebih banyak bergerak di produk olahan [baju dan aksesoris].

Bila G-Readers berkunjung ke GAN di Duren Sawit, selain ratusan kain tradisional yang dipajang [batik dan tenun], ada juga beberapa aksesoris dari batik seperti, kalung, bros, sarung bantal, taplak meja, dan lainnya. Serta tentunya obrolan menyenangkan dengan pengurus untuk bicara mengenai segala hal mengenai batik. GAN juga bisa ditemui lewat akun Facebooknya, Galeri Anak Negri.

Galeri Anak Negri    3

[teks @bartno | foto dok. GAN]

SHARE