Hot Daddy of the Week: Lukman Sardi

0
83
foto: @bagusdimsum

Menyambut Hari Ayah, Happy Hour menghadirkan Hot Daddy of the Week di segmen Who’s Your Daddy. Dia adalah Lukman Sardi! Mau tahu kisahnya seperti apa?

Saat menjadi tamu Imam Wibowo dan Cisca Becker, ternyata terungkap bahwa Lukman merupakan ayah yang hebat lho. Dia sangat pandai dalam mengasuh anak-anaknya. Ketika menghadapi anak-anak, Lukman punya porsinya sendiri.

Di mata ketiga jagoannya, Lukman sadar bahwa anak laki-laki memang lebih dekat sama ibunya. Misalnya saat mau tidur, mereka selalu mencari ibunya. “Porsi saya sebagai ayah adalah saat mereka main. Selain itu, setiap malam kalau anak-anak bangun, pasti saya diminta membuat susu,” tutur Lukman yang sudah berinisiatif melakukan ini sejak istrinya, Pricillia Pullunggono, melahirkan anak kedua.

Tak hanya berfungsi untuk ‘ngangon’ anak, Lukman juga punya kemampuan lain yaitu menjadi problem solver. Saat anak-anaknya kesal dengan sikap ibunya, Lukman berusaha untuk mengajak anak-anaknya berbicara secara dewasa. Hal ini berlangsung ketika anak sulungnya berusia satu tahun.

Ketika anak sulungnya yang masih berusia satu tahun Tantrum, Lukman malah memilih untuk mengajaknya ngobrol berdua. Hmmm…. Keren kan, Cosmoner? Waktu liburan di Singapura, dia menolak memakai stroller, Lukman hanya memberikan pilihan, “Kita mau pergi jalan-jalan. Pilihannya, kalau pas jalan-jalan kamu naik stroller atau kamu jalan. Papa enggak mau gendong,” ujar Lukman. Saat itu dia langsung naik stroller dan tenang.

Hal ini tentu dapat dilakukan bila Anda banyak meluangkan waktu bermain dengan anak. Sama halnya seperti Lukman, ia selalu memainkan apapun yang dimainkan Si Kecil, “Setidaknya dia merasakan bahwa ayahnya ada. Meskipun saya setiap hari kerja ke kantor dan pulang larut malam, di satu sisi saya ingin mereka merasakan bahwa saya tetap ada dan tidak pergi ke mana-mana,” ujar Lukman.

Menurut Lukman, salah satu tantangan terbesarnya dalam membesarkan anak-anak adalah ketika dia harus memberikan pengertian dengan bahasa tersederhana sampai mereka mengerti. Di samping itu, kita juga harus berpikir seperti apa yang mereka pikir.

Nah, Lukman juga belajar dari pendidikan yang diberikan orang asing pada anak-anaknya. Ternyata banyak perbedaannya lho, seperti yang diungkapkan Lukman, “Kalau orang asing melihat anak-anaknya lari-lari mereka akan membiarkannya saja. Kalau orang Indonesia melihat anaknya lari-lari, mereka cenderung melarang seperti, ‘Awas nanti jatuh’ atau ‘Jangan nanti kotor,’ akhirnya mereka tidak berani mengambil risiko,” ungkapnya.

Enggak hanya itu saja, Cosmoner. Di samping itu, di Who’s Your Daddy Lukman memberikan tip pola asuh Si Kecil lainnya. Di akhir sesi, ia menjelaskan bagaimana ia juga belajar dari ekspatriat yang mengajarkan anak-anak mereka yang baru bisa merangkak untuk naik tangga sendiri dengan cara mengikutinya dari belakang. Seru kan, Cosmoner?

Ingin tahu cerita lain dari hot daddy berikutnya? Dengarkan segmen Who’s Your Daddy, setiap hari Senin di Happy Hour, jam 19.00-20.00 WIB. Stay tuned! 🙂

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE