Tips menyiapkan makanan yang baik untuk keluarga

0
83
Novita Angie dan Chef Yuda Bustara

Menyantap makanan hasil kreasi sendiri tentunya lebih higiene dan sehat. Sebuah penelitian gabungan yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Monash University, National Defense Taiwan, dan National Health Research Institute pada tahun 2012, menunjukkan bahwa orang yang memasak dan mengonsumsi makanan buatan rumah setidaknya 5 kali dalam seminggu, mempunyai kesempatan 47 persen lebih banyak untuk hidup lebih lama.

Untuk menyebarluaskan kebiasaan baik itu, Philips Indonesia menyelenggarakan tantangan memasak Dapur Inovasi Philips yang kedua kalinya.

“Kali ini Philips menantang para ibu modern untuk unjuk kemampuan dalam mengimplementasikan tiga tahapan sederhana dari Perencanaan, Persiapan, dan Pemrosesan makanan yang sehat, bergizi, dan lezat bagi keluarga mereka, dengan menggunakan perangkat dapur inovatif kami yang didesain untuk memroses makanan dalam waktu singkat seraya menjaga kandungan nutrisinya,” tutur Erik Van Houten, Head of Marketing untuk Philips Consumer Lifestyle Indonesia.

Tantangan memasak ini mengundang kira-kira 100 partisipan dari berbagai komunitas wanita dan memasak, blogger, serta media di seluruh Jabodetabek. Menampilkan Chef Yuda Bustara sebagai ahli dan juri kompetisi, dan acara ini dipandu oleh artis Novita Angie.

Chef Yuda menyampaikan, “Sangat penting untuk memahami tiga tahapan dari memasak: Perencanaan, Persiapan, dan Proses. Mulai dari perencanaan menu sehari-hari, berbelanja bahan makanan, menjaga dan menyimpannya, hingga mempersiapkan dan memprosesnya dengan cara terbaik agar dapat menyajikan makanan yang seimbang dengan gizi yang dibutuhkan saat berpuasa. Tantangan inilah sebenarnya yang harus dihadapi.”

Selain kegiatan ini, dalam rangka menyambut Ramadan, Philips juga menggelar promosi “Tebar Hadiah Ramadan” yang berlangsung di 22 kota besar, mulai 4 Juni hingga 5 Juli. Untuk setiap pembelian produk Philips, pelanggan akan mendapatkan hadiah langsung serta berkesempatan untuk mengikuti undian berhadiah voucher, telpon pintar, dan sepeda motor.

Berikut satu resep yang dibagikan Chef Yuda untuk G-Readers:

Nasi Biryani
Bahan:
250 gr daging kambing, potong dadu
25 gr bawang bombay, iris tipis, goreng
1 gelas beras basmati, cuci tiriskan
1 1/2 sdm minya, untuk menumis
1 1/2 gelas air
12,5 gr daun ketumbar
12,5 gr daun mint
1 buah tomat cincang kasar
1 sdm yogurt kental
2 sdm bawang merah goreng
garam dan merica secukupnya

Bumbu halus:
25 gr cabai hijau keriting
3 siung bawang putih
1 sdt kapulaga hijau
1 sdm garam masala
1 sdt jintan
minyak secukupnya

Cara memasak:
1. Blender bumbu halus dengan hand blender Philips
2. Nyalakan fungsi Bake dalam pressure Cooker Philips. Beri sedikit minyak, tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum dan minyaknya keluar. Masukan daging dan tumis.
3. Tambahkan tomat, yogurt 1/2 porsi daun mint & daun ketumbar, bawang goreng, garam dan merica. Aduk rata.
4. Masukan beras basmati dan air, aduk rata. Masak dalam pressure cooker dengan menekan fungsi otomatis RICE, masak 15 menit, keluarkan tekanan dan buka pressure cooker lalu sisihkan.
5. Taburi dengan sisa daun ketumbar dan daun mint.

Selamat menikmati G-Readers! [teks @bartno | foto dok. Philips Indonesia]

SHARE