Karena MERS turis menurun, ini cara Korea mengatasinya

0
173

Wabah MERS [Middle East Respiratory Syndrom] yang sedang melanda negeri Korea Selatan [Korsel] membuat sektor pariwisatanya menurun.

Sebanyak 1.300 turis Taiwan membatalkan rencana kunjungan mereka ke Korsel. “Termasuk grup dan individual yang telah memesan paket perjalanan mereka ke Korea,” jelas staff Korea Tourism Organization [KTO] kepada media lokal.

Di dalam negeri sendiri, tempat wisata Kebun Binatang Seoul mengalami penurunan pengujung. Dari biasanya 79 ribu di akhir pekan, menjadi rata-rata 35 ribu.

Perkiraan Wakil Menteri Pariwisata Korsel, Kim Chong memperkirakan ada lebih dari 100 ribu turis asing yang sebagian besar berasal dari China membatalkan jalan-jalan mereka ke Korsel.

Nah, untuk mengurangi penurunan turis itu, dan dampak pada perekonomian Korsel, berikut beberapa cara yang telah ditempuh Korsel untuk menjaga agar sektor pariwisatanya tidak turun drastis.

» Karantina.
Untuk mencegah MERS menyebar ke mana saja, pemerintahan Korea telah melakukan karantina kepada penderita MERS. Karena itu Deputi Perdana Menteri Korea Choi Kyung-hwan memastikan, Pemerintah Korea dapat mengontrol infeksi kasus MERS hanya terjadi di lingkup fasilitas kesehatan saja tanpa menyebar ke komunitas.

» Asuransi kesehatan.
Pemerintah Korsel memberikan jaminan asuransi kesehatan kepada turis yang terkena MERS di Korsel. “Untuk menenangkan rasa khawatir turis asing, kami mengembangkan paket asuransi khusus. Bila mereka terkena MERS selama liburannya di Korea,” tutur juru bicara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Korsel.

» Kebersihan.
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Korsel menyediakan hand sanitizers di area yang sering dikunjungi turis asing. Salah satu pencegahan MERS adalah menjaga kebersihan tangan.

» Edukasi MERS.
Pemerintah Korsel memberikan edukasi tentang MERS lewat laman pariwisatanya, visitkorea.or.kr.

» Hotline MERS
Pusat informasi bagi turis bila mengalami gejala atau hal yang berkaitan dengan MERS, di 1330 atau 109. « [teks @bartno | foto Independent.co.uk]

SHARE