10 menit kegiatan yang menyehatkan

0
144

Bagi sebagian besar masyarakat di perkotaan, olahraga menjadi hal yang diidamkan namun sulit dilaksanakan. Padahal untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat tak memakan waktu lama, cukup melakukan 10 menit kegiatan yang menyehatkan.

Padatnya kesibukan selalu menjadi alasan mengapa banyak orang tidak sempat berolahraga. Sebab, paradigma olahraga yang dimaksud seringkali selalu berkaitan dengan waktu yang lama seperti melakukan aerobik atau menghabiskan waktu berlatih di gym selama 1-2 jam. Belum lagi proses pemanasan dan pendinginan yang juga memakan waktu sehingga sangat sulit dilakukan sesering mungkin.

Padahal, tak perlu waktu lama untuk mengolah tubuh setiap hari agar selalu bugar. Seperti dikutip dari Huffington Post, banyak penelitian yang menemukan bahwa hanya dengan menghabiskan 10 menit per hari melakukan kegiatan yang menyehatkan, kebugaran bisa didapat seperti orang yang berolahraga serius. Manfaatnya antara lain, kebugaran, daya tahan tubuh dan membantu memperlancar tekanan darah.

Lalu kegiatan yang menyehatkan seperti apa yang bisa dilakukan selama 10 menit untuk mendapatkan sejumlah manfaat di atas?

  1. Cardio Dance Class. Nyalakan musik favorit yang bertempo cepat di pagi hari lalu menarilah mengikuti alunan musik. Tak perlu pikirkan gerakan yang harus dilakukan seperti pada kelas aerobik. Menari selama 10 menit setiap hari akan membuat Anda lebih bugar.
  2. Gunakan Tangga. Jika biasanya menggunakan lift untuk menuju kantor tempat Anda bekerja, cobalah pilih tangga darurat. Jika dilakukan setiap hari kegiatan ini dapat membakar kalori membuat Anda menjadi lebih fit. Bagaimana jika kantor Anda berada di lantai tertinggi? Tak perlu sepenuhnya menggunakan tangga, cukup tiga atau empat lantai, lalu lanjutkan dengan naik elevator.
  3. Binatang Peliharaan Sebagai Partner. Mengajak jalan-jalan anjing kesayangan setiap pagi juga cukup menyehatkan jika dilakukan secara rutin. Tak perlu jauh-jauh, cukup keliling komplek perumahan, dalam waktu 10 menit Anda akan lebih bugar dan anjing kesayangan juga lebih bahagia.

Intinya, tak perlu terlalu lama mengolah tubuh tapi jika dilakukan secara rutin, kegiatan yang menyehatkan tersebut akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Bagaimana dengan Anda Brava Listeners, rutinitas apa yang biasa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran? [Teks: @moeha | Foto: bostino.streetwise.com]

Sumber:

Brava

SHARE