Cara mudah mengajari anak berpuasa

0
120
foto: foodaddictionscience.com

Anak kecil memang belum diperintahkan untuk berpuasa. Namun sebagai orangtua, Cosmoners ingin mengajak Si Kecil untuk latihan puasa sesuai dengan kemampuan anak, yaitu berpuasa setengah hari.

Untuk menyemangati anak-anak dalam menjalankan puasa, berikut beberapa tips yang dapat Cosmoners lakukan untuk menciptakan suasana ibadah puasa yang lebih menyenangkan.

1. Berikan pengertian pada anak tentang makna dan manfaat puasa, baik dari sisi kesehatan maupun keimanan. Dengan cara ini, anak dapat menyadari pentingnya melakukan puasa pada bulan Ramadhan.

2. Bagi anak-anak yang masih berusia 4-6 tahun, belajar berpuasa setengah hari sudah cukup baik. Oleh karena itu, pujilah anak di depan teman-teman dan anggota keluarga lainnya ketika bisa menyelesaikan puasanya.

3. Tak ada salahnya bila Cosmoners memberikan reward supaya anak semakin semangat menjalankan ibadah puasa. Contohnya, jika anak puasa setengah hari, Cosmoners bisa memberikan uang Rp 5 ribu. Sementara kalau penuh hingga Magrib, anak bisa mendapatkan Rp 10 ribu.

Jika menurut Cosmoners uang bukanlah bentuk pengajaran yang tepat, Anda bisa menggantinya dengan memasak menu kesukaan anak sebagai bentuk hadiah karena anak berhasil berpuasa. Cara ini juga menjadi trik agar anak-anak dan anggota keluarga lainnya lebih senang berbuka puasa di rumah dibandingkan di luar rumah.

4. Sibukkan anak dengan kegiatan positif seperti mengaji bersama, menghafal surat pendek atau membaca kisah-kisah para nabi. Jangan lupa untuk menjelaskan kepada mereka bahwa hal baik tersebut bisa mendatangkan pahala.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE