Dua pemuda India di basket Amerika, NBA

0
114
Satnam Singh Bhamara

Olahraga bola basket di India akan menjadi kian populer setelah salah satu warganya, resmi menjadi bagian dari tim NBA, Dallas Mavericks. Adalah ia bernama Satnam Singh Bhamara [19] yang berasal dari desa kecil di Punjab, India, dan tingginya mencapai 2.18 meter.

Satnam merupakan pebasket lulusan akademi olahraga IMG di Florida. Ia merupakan bagian dari progam pemuda 39 negara dan telah berlatih selama 5 tahun di Florida. Dalam urutan draft NBA, Satnam berada di urutan 52.

Namun Satnam bukan orang India pertama yang berkiprah di NBA. Yang pertama adalah Gursimran “Sim” Bhullar [22] keturunan India yang lahir di Amerika. Uniknya Ghullar hanya dikontrak 10 hari oleh tim basket NBA, Sacramento Kings. Pemilik Sacramento Kings yang juga orang India, Viviek Ranadive menyebut Bhullar dengan julukan ‘next great frontier’.

Bhullar lahir di Toronto, Kanada. Ia bermain basket sejak SMA di Pennsylvania dan West Virginia. Lalu bermain untuk New Mexico State Aggies selama dua musim. Bhullar yang memiliki tinggi 2.27 meter ini dikontrak Sacramento 2 April 2015 lalu.

Berharap ada atlet Indonesia bisa seperti itu. « [teks @bartno | foto thenational.ae]

SHARE