Cara tepat menyantap kaviar

0
98

Mengonsumsi kaviar yang dikenal sebagai makanan paling mahal di dunia ternyata tidak bisa sembarangan. Ada trik tersendiri agar telur ikan sturgeon ini dapat dinikmati dengan lezat sesuai selera Anda.

Kaviar terkenal sebagai makanan premium karena selalu disajikan pada setiap jamuan makan orang-orang besar, seperti para bangsawan hingga Ratu Elizabeth. Selain langka, khasiat kaviar bagi kesehatan menjadi salah satu alasan mengapa makanan ini mahal harganya. Kaviar mengandung selenium, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, folat, Vitamin B12, vitamin D, dan asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh.

Namun sebelum Anda menyantap kaviar, ada baiknya mengetahui trik memilih dan mengonsumsi kaviar. Sebab, makanan premium ini ternyata perlu perlakuan khusus agar kelezatannya didapat secara maksimal seperti dikutip dari Mental Floss.

1. Jangan salah pilih

Pada dasarnya, telur ikan ada banyak jenisnya, sementara hanya telur dari ikan sturgeon yang dinamakan kaviar. Telur ikan lain yang dapat dikonsumsi seperti dari ikan trout harganya tidak semahal kaviar. Maka, jangan sampai Anda membeli telur ikan semahal kaviar namun yang Anda dapat adalah telur ikan lain.

2. Sajikan sesuai selera

Kaviar dapat langsung dinikmati dari kaleng kemasannya tanpa diolah meski rasanya sudah pasti tidak selezat setelah dijadikan menu tertentu. Jika ingin bergaya Rusia, Anda bisa memcampurnya dengan blini pancake dan crème fraiche. Kaviar bisa juga dinikmati bersama pancake kentang (potato latkes) dan krim asam (sour cream) atau sebagai tambahan pasta dan menu lainnya.

3. Jangan gunakan sendok perak atau metal

Metal seperti stainless steel dan perak dapat mengoksidasi telur-telur ikan sehingga tidak segar lagi ketika dikonsumsi. Gunakan sendok dari bahan lain seperti plastik atau keramik saat menyantap kaviar.

[teks: @moehakam | foto: lobsterking.de]

Sumber:

Brava

SHARE