Cegah dehidrasi pada anak saat berpuasa

0
66
foto: goodtoknow.co.uk

Ibadah puasa memang mengharuskan anak menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Hal ini tentu saja menyebabkan kebutuhan asupan cairan pada anak-anak menjadi berkurang.

Air merupakan bagian penting dari kehidupan. Mayo Clinic menunjukkan air bermanfaat untuk menghanyutkan racun dari tubuh dan mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Kekurangan air pada anak dapat mengakibatkan dehidrasi ringan dan masalah lainnya, termasuk kesulitan konsentrasi belajar dan masalah pada metabolisme tubuh.

Anak-anak dan orang dewasa memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, Cosmoners. Anak-anak berusia 4-6 tahun membutuhkan 1,4 liter air atau 4 gelas air setiap hari. Sedangkan anak usia 7-9 tahun kebutuhan airnya adalah 1,6 liter atau 6 gelas setiap hari.

Untuk mengatasi dehidrasi pada anak, Cosmoners bisa mengajarkan anak untuk mencicil minum air putih saat berbuka puasa maupun saat sahur. Usahakan anak meminum dua gelas air saat sahur, demikian pula saat berbuka puasa.

Bila anak tak terlalu suka minum air putih, agar terhindar dari dehidrasi, cobalah untuk memberikan susu. Penelitian dari McMaster University menyebutkan bahwa susu lebih mampu menghindari dehidrasi dibandingkan minuman suplemen bahkan air putih karena kaya akan elektrolit, protein, karbohidrat dan kalsium.

Nah, jika ingin menghindari dehidrasi dengan cara yang lezat, siapkan buah-buahan segar yang mengandung banyak air seperti melon, semangka, jeruk dan sebagainya. Supaya lebih menggugah selera makan anak, tak ada salahnya Cosmoners mengkreasikan es loli dengan tambahan buah-buahan segar. Warnanya yang menarik dan rasanya yang manis, akan membantu menarik perhatian anak-anak.

Well, selamat mencoba.

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE