Menentukan waktu terbaik membuka toko fisik

0
82

Sudah masuk ke dalam zona nyaman online store? Nah, ketika di zona nyaman sudah sukses, apakah Anda tidak mau mencoba membuka toko fisik?

Yuk ketahui lebih lanjut tentang isi obrolan Novita Angie, Lembu Wiwowrojati, dan Cosmopolitan Expert Paulina Pungky di Smart Retail Startup, Breakfast Club. Sebenarnya seberapa perlunya sih toko fisik untuk sebuah online shop?

Ada banyak perbedaan yang tentu bisa Anda temukan ketika membuka toko. Toko online memiliki risiko yang minim, tidak perlu membayar listrik, pajak, sewa, bahkan tak mempermasalahkan out of stock. Bayangkan kalau toko Anda out of stock?

Saat membuka toko, Anda tentu harus memikirkan bagaimana pengunjung memandang toko Cosmoners. Visual merchandise tentu harus diperhitungkan. Selain itu, bila Anda membuka toko di mall, maka biaya sewa juga harus diperhitungkan.

Menurut Pungky, dari online menjadi offline tentu bukan sebuah kemunduran. Kini toko bukan berarti sebagai business driver, melainkan image driver. Bila konsumen ingin melihat barangnya, mereka bisa pergi ke toko fisiknya. Pungky menjelaskan bahwa pemilik online store tidak selalu harus memiliki toko fisik.

Memiliki toko fisik bisa membuat Anda mengetahui siapa pasar Anda sesungguhnya. Toko fisik juga bisa membuat orang lain jadi penasaran. Untuk itu, sebaiknya cari tempat yang sangat strategis. Kecuali, brand Anda sudah sangat kuat sehingga banyak orang yang ingin sekali tahu dan mendatangi tempatnya.

Strategi lain yang bisa Anda dapatkan adalah membuka omni channel. Tidak hanya online, tetapi Anda juga punya media lain berupa toko fisik atau memasukkan produk ke dalam program televisi. Salah satu kunci sukses omni channel adalah memberikan kesan sama baik di telepon maupun ketika datang ke toko fisik. Namun, bila Anda membuka toko di media lain. Pastikan Anda tetap melayani konsumen di semua media dengan baik, misalnya merespon konsumen dengan cepat. Pungky mengungkapkan, “Ketika Cosmoners tidak menjawab pertanyaan dengan cepat. Lalu membiarkannya berlarut-larut sampai sekitar empat hari. Kekecewaan konsumen di online bisa sama seperti kekecewaan mereka di toko fisik,” ungkapnya.

Bagaimana mempertahankan konsumen? Ketika Anda membuat toko. samakan imajinasi konsumen mengenai toko online Anda ke dalam bentuk nyata. Lampu terang, keindahan dinding, suhu ruangan, dan aroma juga perlu diperhitungkan dan dimasukkan ke dalam anggaran operational cost ketika membuat toko. Pungky menyarankan, “Misalnya dari hasil perhitungan, jumlahnya sekitar sekian puluh juta. Bisa enggak Anda mendapatkan keuntungan tiga kalinya dari itu? Kalau tidak sanggup, sebaiknya jangan membuka toko fisik,” saran Pungky.

Mau tahu trik lainnya? Yuk klik video ini! Dengarkan Smart Retail Startup di Breakfast Club setiap hari Selasa, jam 7.00-8.00 WIB. Saksikan siaran tundanya setiap hari Kamis, di YouTube CosmopolitanFM JKT, setiap hari Kamis, jam 7.00-08.00 WIB. Stay tuned! 🙂

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE