Black Ivory coffee, saingan kopi Luwak

0
80
Black Ivory Coffee

Tampaknya kopi luwak akan mendapat saingan dari Black Ivory Coffee asal Thailand. Kopi ini dipanen dari kotoran gajah.

Kopi luwak sudah terkenal sebagai kopi paling mahal di dunia karena rasa dan prosesnya yang unik. Luwak atau sejenis musang mampu memilih kopi dengan kualitas terbaik untuk dimakan daging buahnya. Sementara, biji kopi yang tidak dicerna oleh luwak dikeluarkan bersama kotoran. Biji kopi ini memiliki rasa yang unik dan sudah menurun kadar keasamannya sehingga aman untuk lambung ketika dikonsumsi.

Berbeda dengan di Indonesia, sebuah hotel di Thailand justru memproduksi kopi yang diproses melalui pencernaan gajah. Tak kalah mahal dari kopi luwak, hotel bernama The Anantara Resort di Chiang Saen ini menjual kopi tersebut seharga £8,50 atau sekitar Rp.200 ribu untuk ukuran espresso.

Blake Dinkin yang mencetuskan Black Ivory Coffee awalnya ingin memproduksi kopi luwak sendiri untuk pasokan kopi di hotel tersebut. Namun, kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak miliknya tidak berkualitas baik. Lalu ia mencari cara lain memproduksi kopi yang diproses melalui pencernaan hewan. Sempat terpikir menggunakan harimau dan jerapah, akhirnya Dinkin memilih gajah yang memang jumlahnya banyak di Thailand.

Namun, bukan hal mudah menghasilkan kopi dengan rasa terbaik. Dinkin harus menghabiskan waktu sembilan tahun untuk menemukan formulasi yang tepat agar biji kopi yang keluar bersama kotoran gajah tersebut layak minum.

“Awalnya saya pikir prosesnya akan sederhana seperti memetik buah kopi, memberikannya kepada gajah dan setelah keluar melalui kotoran akan menghasilkan biji kopi terbaik. Tapi di masa awal percobaan hasilnya sangat buruk dan tidak dapat diminum sama sekali,” ujar Dinkin seperti dilansir Daily Mail.

Akhirnya kerja keras dan kesabaran Dinkin pun terbayar setelah menemukan bahwa kopi yang dimakan gajah perlu menempuh proses di dalam pencernaan hewan tersebut selama 17 jam sebelum berubah menjadi biji kopi dengan cita rasa yang unik. Menurut Dinkin, kopi ini diperkaya dengan cita rasa cokelat dan karamel.

Penasaran mencoba Black Ivory Coffee, Brava Listeners? [Teks: @moehakam | Foto: Daily Mail]

Sumber:

Brava