Cara jitu agar THR tidak cepat habis

0
96
foto: careerealism.com

Ini dia yang paling dinantikan Cosmoners saat hari Lebaran tiba. Yap, T-H-R! Senangnya THR sudah turun. Sayangnya, tidak semua Cosmoners mampu mengatur strategi pengelolaan keuangan dengan benar.

Berikut ini tiga tips ala Cosmo agar THR Anda tak cepat habis untuk membeli baju baru atau buka puasa di luar setiap hari.

1. Sisihkan uang untuk ditabung
Seperti gaji, THR juga harus disisihkan untuk ditabung. Sebab, menabung merupakan prioritas utama Anda dalam me-manage keuangan. Namun, besarnya persentase menabung setiap orang berbeda-beda, tergantung status pernikahan hingga usia. Supaya aman, cobalah untuk menabung minimal 15 persen dari THR yang Anda terima.

2. Buat anggaran belanja
Dengan menyusun anggaran berbelanja, Cosmoners dapat menyadari betapa konsumtifnya Anda! Yuk mulai membuat anggaran pengeluaran untuk Lebaran kali ini. Misalnya, pengeluaran untuk transportasi mudik, uang THR untuk orangtua hingga keponakan, hingga belanja keperluan Lebaran. Jangan gunakan THR untuk kepentingan pribadi, seperti makan enak di restoran atau memenuhi gaya hidup lainnya.

3. Manfaatkan bazaar atau diskon
Jika Cosmoners jeli, banyak sekali pusat perbelanjaan yang menggelar promo atau diskon! Setidaknya, dengan membeli barang diskon namun berkualitas, Anda dapat menghemat pengeluaran. Tak ada salahnya memanfaatkan promo kartu kredit, seperti diskon dan, buy one get one free.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE