4 trik mudik nyaman dengan kendaraan pribadi

0
132
foto: brandpointcontent.com

Lebaran bakal segera tiba, dan pulang kampung sudah menjadi tradisi di negara kita. Lebaran tahun ini, Anda akan mudik menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi?

Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi, yuk pastikan Anda telah mempersiapkan beberapa hal berikut ini agar perjalanan mudik menjadi lebih nyaman.

Lakukan service mobil
Penting sekali untuk mengecek kondisi mesin mobil ketika melakukan perjalanan jauh. Jika Cosmoners tidak mengerti mengenai masalah mesin, Anda cukup membawa ke service mobil terdekat. Hal ini penting untuk memastikan kondisi ban, ban cadangan, rem, wipper hingga suspensi kendaraan.

Manfaatkan teknologi
Tak ada salahnya Anda menginstal aplikasi dalam smartphone sebagai teman mudik. Misalnya, Google Maps yang memberikan layanan navigasi dengan akurat dan aktual.

Tak hanya membantu menunjukkan arah jalan, aplikasi ini juga menunjukkan tempat-tempat umum seperti masjid, restoran atau SPBU yang berada di sekitar lokasi Anda. Selain itu ada Waze, yang memberikan informasi titik-titik kemacetan dan kepadatan jalan raya secara real-time.

Jaga kesehatan
Jalanan yang macet dan tingginya polusi udara bisa membuat Anda mudah sakit dan stres. Oleh karena itu, jaga asupan makanan dan minuman selama perjalanan mudik, dengan mengonsumsi suplemen dan buah-buahan agar tubuh tetap fit. Yang terpenting, pastikan untuk tidur cukup sebelum berangkat sebab sebagian besar kasus kecelakaan disebabkan oleh pengendara yang mengantuk.

Siapkan keperluan anak
Pastikan membawa mainan anak-anak untuk menenangkan anak saat rewel. Selain itu, pastikan ruangannya luas, AC mobil oke, dan bayi didudukkan di car seat. Yang terpenting adalah membawa makanan bayi sendiri sebab jarang sekali ditemukan restoran yang menyediakan makanan bayi. Lagian kebersihannya belum tentu terjaga, Cosmoners.

Kenali batas diri
Setiap dua jam perjalanan, cobalah untuk melakukan gerakan peregangan untuk memperlancar peredaran darah. Jika mengantuk, jangan memaksa untuk terus menyetir. Tepikan kendaraan dan tidurlah hingga tubuh terasa segar kembali.

Oiya, coba manfaatkan pos kesehatan yang banyak disediakan di pinggir jalan oleh pemerintah. Biasanya, ada tim kesehatan yang dapat membantu memeriksa kesehatan hingga tukang pijat gratis yang siap memberikan layanan pijat bagi pengendara mudik.

Semuanya sudah dicek? Well, selamat pulang kampung, Cosmoners.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE