Rafael Tan, Lagu baru dan SM*SH

0
122
Sita Nursanti dan Rafael Tan

Keterkenalannya di panggung hiburan Tanah Air dimulai sejak Rafael Tan bergabung bersama boy band ‘SM*SH’ pada 2010 lalu. Tapi ternyata kiprahnya di dunia entertainment sudah dimulainya sejak kecil. Kini ia sedang sibuk untuk promo single dan mengerjakan album solonya. Lewat program ‘Music Box‘ bersama Sita Nursanti, Rafael ‘buka-bukaan’ mengenai perjalanan karirnya.

Bicara mengenai awal karir menyanyinya, Rafael ternyata sudah merintisnya sejak kecil, G-Readers. “Waktu kelas 3 SD aku nyanyi di gereja. Dan mamah melihat aku punya bakat. Jadi dimasukin ke sanggar seni di Garut waktu itu,” jelas Coco sapaan akrabnya yang ia dapat dari koreografer SM*SH.

Seiring waktu berlalu sampai Rafael SMP, ia telah mengikuti beberapa festival dan menjadi pengisi musik untuk beragam acara setempat. Menuju SMA, Rafael memutuskan hijrah ke Bandung. Nah, di kota Kembang inilah, ada suatu band yang sering tampil di acara Pensi mengajaknya untuk menjadi backing vocal. Tak perlu lama menunggu, Rafael pun direkrut menjadi bagian vokalis utama band itu. “Sempet aku punya album sih teh”, ceritanya kepada Sita Nursanti.

Tetapi G-Readers, selama 7 tahun ngeband dan telah berupaya memberikan demo kepada ‘label-label’, tak juga kunjung datang tawaran rekaman. Yang datang malah tawaran audisi untuk boy band SM*SH dan casting sebuah film di Jakarta. “Akhirnya aku pilih audisi SM*SH yang di Bandung. Karena aku juga suka dance, jadi aku pikir kalau di boy band aku bisa jalanin keduanya, nyanyi dan dance“, imbuhnya.

Alhasil terpilihlah dirinya dan Rangga yang juga ikutan dalam audisi itu. Bersama SM*SH, Rafael telah menghasilkan dua album musik, empat film, dan beberapa penghargaan. Namun, sudah lebih dari setahun SM*SH meredup dari hingar bingar musik Indonesia. Apakah akan bubar? “Masih ada, kita lagi nggak produktif saja setahun belakangan ini. Tapi kita punya planning untuk bikin single baru. Tinggal tunggu arahan dari label saja sih”, ucap Rafael menegaskan. “Dan kita berenam sudah berkomitmen, kerjaannya apapun itu, SM*SH nggak boleh bubar.”

Karena itu, di sela jeda ini, Rafael memutuskan bergabung dengan Sony Music untuk single baru dan album solonya. “Tak Ada Kata Berpisah, adalah lagu recycle dari Rio Febrian tahun 2001. Lagu ini akan masuk dalam album kompilasi ‘Y2Koustic‘. Nanti isinya, lagu-lagu tahun 2000-an yang dikemas secara akustik. Ada 12 penyanyi di album ini”, terang Rafael yang pernah menjadi guru dance sewaktu di Bandung.

Sedangkan untuk albumnya, ia berharap di tahun ini akan selesai. Istimewanya, Rafael akan terbang ke Swedia untuk merampungkan album perdananya ini. “5 lagu diciptain sama Sony Indonesia, dan 5 lagi aku akan terbang ke Swedia untuk bikin lagu”, senyum Rafael yang sudah tidak sabar untuk segera merampungkan albumnya ini, yang sekarang baru saja selesai rekaman untuk 2 lagu.

Dalam program Music Box yang mengudara setiap Rabu [13.00-16.00] ini Rafael juga ditantang untuk menyanyikan lagu dangdut yang ia suka. Lalu bernyanyilah Coco sebait lagu ‘Tak Ingin’ karya Rita Sugiarto. Seru lho, G-Readers ternyata Rafael punya cengkok dangdut juga!

Penasaran dengan keseruan apa lagi yang bakal terjadi dengan tamu-tamu di Music Box Cosmopolitan FM. So stay tuned di Cosmopolitan 90.4FM! [teks @bartno | foto dok.CosmopolitanFM]

SHARE