Afternoon tea, menikmati teh ala bangsawan

0
131

Seperti halnya kopi, di Indonesia teh sudah menjadi minuman yang umum dikonsumsi dan menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi, pernahkah Anda melakukan afternoon tea atau menikmati teh bergaya Inggris, Brava Listeners?

Teh adalah salah satu minuman yang populer hampir di seluruh dunia. Bahkan di beberapa negara, mengonsumsi seduhan daun teh harus dilakukan melalui proses ritual.

Inggris juga memiliki budaya minum teh tersendiri yang biasa dilakukan para bangsawan. Mereka memiliki waktu khusus untuk minum teh yaitu di antara makan siang dan makan malam atau sekitar pukul 3 hingga pukul 4 sore. Maka, Lokasinya juga tidak sembarangan, para bangsawan tersebut biasa berkumpul di taman yang berada di areal rumah mereka. Teh disajikan di atas coffee table bersama makanan ringan seperti sandwich berukuran kecil dan kue-kue jenis pastry. Masyarakat Inggris menyebut kegiatan tersebut sebagai afternoon tea.

Bukan hanya itu, proses minum teh dalam budaya Inggris juga cukup unik. Berikut ini lima langkah minum teh yang biasa dilakukan pada afternoon tea seperti dilansir Huffington Post:

1. Mulai dengan air mendidih
Tidak ada istilah menyimpan air panas di dalam termos dalam afternoon tea. Para bangsawan Inggris menyeduh teh menggunakan air yang sengaja dididihkan terlebih dahulu. Saat ini mereka lebih banyak menggunakan ketel listrik untuk mendidihkan air.

2. Seduh teh selama 2-5 menit
Mayoritas masyarakat Inggris menyeduh tehnya dalam waktu 2 menit hingga 5 menit saja untuk mendapatkan air seduhan teh dengan kekentalan yang pas. Ini berlaku untuk teh celup maupun teh yang tidak dikemas di dalam kantong seduh.

3. Tambahkan susu
Jika menyeduh teh di dalam teko, masukkan susu ke dalam cangkir sebelum menuangkan tehnya. Namun, jika teh diseduh di dalam cangkir, tuangkan susu setelah menyeduh teh.

4. Gula sesuai selera
Masyarakat Inggris biasanya menambahkan gula sesuai selera setelah teh selesai diseduh dan sudah berada di dalam cangkir.

5. Lengkapi dengan biskuit
Ini perlu diperhatikan saat melakukan afternoon tea. Jangan mengganti biskuit dengan cookies karena tekstur cookies akan mudah hancur saat dicelupkan ke dalam teh panas. Maka, orang Inggris selalu memilih biskuit, kue yang rasanya tidak terlalu manis.

Demikianlah cara bangsawan Inggris menikmati teh. Lalu, bagaimana cara Anda menikmatinya, Brava Listeners? [Teks: @Moeha | Foto: bw-chilworthmanor.co.uk]

Sumber:

Brava

SHARE