Trik jitu memanage keuangan setelah menikah

0
84
foto: blog.lendingtree.com

Sebagai istri idaman, Cosmoners tak hanya wajib tampil cantik di depan suami dan pintar memasak. Lebih dari itu, sebagai seorang ibu rumah tangga, Cosmoners juga harus jeli me-manage keuangan keluarga Anda.

Untuk membangun permulaan yang baik, cobalah bicarakan masalah ini dengan pasangan. Masalah uang memang cukup sensitif, namun Anda baru bisa merencanakan keuangan rumah tangga jika masing-masing saling terbuka untuk membahasnya.

Setelah itu, lanjutkan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Buatlah tabungan bersama. Ketika menikah, tak ada lagi ego ini uangku, itu uangmu. Buatlah dua tabungan bersama di mana satu tabungan diperuntukkan untuk keperluaan rumah tangga setiap bulan. Sementara tabungan yang lain digunakan sebagai simpanan darurat dan tabungan untuk tujuan masa depan Anda dan pasangan, seperti asuransi jiwa dan pensiun.

2. Buat anggaran keuangan rumah tangga. Cara ini terdengar simpel namun paling malas dilakukan lho, Cosmoners. Mencatat semua pengeluaran rumah tangga akan membantu Cosmoners untuk mengetahui aliran pengeluaran uang.

Dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan bulanan secara terbuka, Cosmoners akan menjadi disiplin dalam pengelolaan pendapatan bersama, sehingga keuangan rumah tangga tetap terkendali.

3. Bertindak sebagai sebuah tim. Baik Cosmoners maupun pasangan tentu memiliki kebutuhan pribadi. Jadi bicarakan dan bahaslah pengaturan finansial tentang batas minimum atau maksimal pengeluaran per bulannya. Cosmoners dan pasangan juga harus bisa memutuskan mana yang harus segera dibeli dan mana yang bisa ditunda.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE