PRT mudik, ibu rumah tangga andalkan dirinya sendiri

0
70
foto: hgtv.com

Saat menjelang lebaran, banyak Cosmoners bimbang. Pekerja rumah tangga (PRT) akan mudik ke kampung halamannya cukup lama. Mayoritas PRT akan mudik selama 7 hari, bahkan lebih.

Mudiknya PRT menyebabkan 94 persen rumah tangga akan mengalami situasi tidak memiliki PRT untuk beberapa waktu. Demikian hasil survei yang dilakukan Prisma Public Relation bersama GroupW.

Prisma Public Relation menyoroti bagaimana para keluarga kelas menengah (ABC1) di ibu kota menyikapi situasi tahunan ini. Dalam risetnya, Prisma mewawancarai 200 ibu rumah tangga secara langsung.

Dalam survei terungkap bahwa hampir tiga per empat ibu rumah tangga yang tinggal di ibu kota mampu mengatasi masalah ini dengan sendirinya.

Sekitar 73 persen ibu rumah tangga mengatakan bahwa mereka akan mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga mereka. Sementara 16 persen di antaranya lebih memilih menggunakan jasa PRT infal, dan 11 persen lainnya akan meminta bantuan anggota keluarga untuk membantu melakukan pekerjaan rumah tangga mereka.

“Ini merupakan bukti yang luar biasa yang menunjukkan betapa besar pengorbanan yang dilakukan oleh para ibu bekerja, di mana hampir tiga perempat dari para ibu rumah tangga tersebut mengatakan akan memikul sendiri tugas rumah tangga yang selama ini dilakukan oleh asisten rumah tangga mereka,” Direktur Utama Prisma Public Relations, Rulita Anggraini.

Cosmoners juga termasuk orang yang ditinggal PRT mudik? Lantas, apa yang Anda lakukan untuk mengatasi pekerjaan rumah tangga? Yuk, share pengalaman Cosmoners di kolom komentar.

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE