10 makanan yang siap bantu turunkan kolesterol

0
108
foto: thespoonfulofhoney.com

Makanan bersantan dan berminyak itu, menjadi santapan lezat dan nikmat di hari Lebaran kemarin. Dan mungkin karena itu pula kolesterol jahat LDL [Low Density Lipoprotein] bisa naik cepat tanpa Anda ketahui. Yang dapat mengakibatkan timbulnya plak di arteri sehingga dapat memicu serangan jantung, atau stroke.

Karena itu seperti yang kami lansir dari WebMD [WebMD adalah laman yang menyajikan informasi mengenai kesehatan. Didirikan pada tahun 1996], berikut ini ada 13 makanan yang bisa Brava Listeners konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

1. Cokelat hitam
Kandungan flavonoid-nya mampu menurunkan tingkat LDL. Tapi jangan terlalu berlebih memakannya, karena cokelat mengandung lemak dan gula yang tinggi.

2. Alpukat
Biasanya pilihan favorit mengolah buah ini dengan dijus. Ternyata disamping rasanya yang nikmat, alpukat memiliki kandungan oleic acid yang dapat menurunkan LDL dalam saluran darah.

3. Teh
Apapun jenisnya, teh punya antioksidan yang bisa menurunkan level kolesterol jahat dalam tubuh. Tapi ingat, sedikit saja untuk tambahan gula atau kreamernya.

4. Kacang
Pilih kacang almond, walnuts, atau pistachio yang juga punya kemampuan menurunkan kadar LDL. Tapi pilih yang rendah garam, dan cukup 1.5 ons sehari, karena kacang-kacangan ini juga tinggi kalori. Khusus untuk almond cukup 30 biji per hari saja. Pilihan lain kacang-kacangan juga bisa jatuh pada kacang merah, kacang hitam, atau lentil, yang sama kaya akan serat yang mudah larut. Kalau golongan kacang-kacangan yang kedua ini cukup dengan 4.5 ons per hari untuk dapat menurunkan LDL sebesar 5 persen.

5. Padi-padian
Sebaiknya konsumsi barley, oatmeal, atau beras merah. Karena mereka ini mengandung serat yang mudah larut dan telah terbukti mampu menyerap LDL dalam darah.

6. Ikan
Coba salmon, tuna, sardine, dan halibut [semacam ikan pecak] yang kaya akan asam lemak omega 3, sehingga mampu merendahkan triglycerides [lemak darah yang berada pada lapis kedua LDL]. Cukup 8 ons seminggu dan hindari cara penyajian dengan digoreng supaya manfaat baiknya lebih tinggi.

7. Minyak zaitun
Gunakan minyak ini untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Salah satu caranya bisa dicampur dengan salad. Bisa juga dipakai untuk menumis sayuran dalam api sedang. Note! Jangan gunakan minyak zaitun untuk memasak dengan api besar, karena akan menimbulkan asap yang malah merusak kandungan manfaat di dalamnya dan mengubahnya menjadi senyawa yang merugikan kesehatan.

8. Kedelai
Ini juga mudah didapatkan. Susu kedelai, atau tahu memiliki protein yang tinggi. Cukup 25 gram sehari sudah dapat menurunkan kolesterol sebanyak 5-6 persen.

9. Buah
Yes, sebagai pelengkap makanan Brava Listeners, buah seperti pir, apel, jeruk, berry, atau lemon baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Membuat smoothie dengan buah-buahan ini juga pilihan menu yang lezat.

10. Sayuran
Terong dan okra selain rendah kalori juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang lebih baik. Konsumsi ini untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Bila tidak ada dua sayuran ini, gunakan sayuran lain juga tak masalah, karena semua sayuran kaya akan serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Sumber:

Brava

SHARE