Menanti kemunculan si canggih Samsung Gear A

0
93
Galaxy Gear A

Setelah Apple Watch resmi dirilis ke sejumlah negara beberapa waktu lalu, Samsung tak mau kalah dan akan segera meluncurkan smartwatch terbarunya. Samsung menamakannya Gear A.

Beberapa bulan terakhir, spekulasi tentang bagaimana tampilan dan spesifikasi Gear A mulai bermunculan. Smartwatch buatan Samsung ini sempat dinantikan kehadirannya pada ajang World Mobile Conference 2015 di Barcelona, Spanyol bulan Maret lalu. Namun, saat itu produsen gadget asal Korea Selatan itu hanya memamerkan Samsung Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan headset Samsung Gear VR terbaru.

Keputusan Samsung ‘menyembunyikan’ Gear A di ajang tersebut cukup dimaklumi karena para pecinta gadget masih diramaikan dengan hype kemunculan Apple Watch yang diluncurkan pada bulan yang sama.

Namun, seperti dikutip dari PCAdvisor, Samsung diperkirakan tak lama lagi akan mulai memamerkan Gear A, yaitu di ajang IFA 2015 Berlin, September mendatang bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note 5.

Salah satu keunikan Samsung Gear A adalah bentuknya bulat yang mengesankan sebagai jam analog, tak seperti umumnya smartwatch yang selalu tampil dalam bentuk kotak pipih. Namun, Samsung masih akan kembali menggunakan OS Tizen untuk produk terbarunya ini. Fitur lain yang ditambahkan yaitu fitur wireless charging, dimana produk ini akan tetap mengusung konsep standalone dengan konektivitas data 3G.

Seperti dilansir SamMobile display bulat Samsung Gear A akan menggunakan teknologi memiliki Super AMOLED dengan resolusi 360×360. Gear A juga akan dilengkapi dengan Exynos 3472 0.2GHz dual-core processor, Mali-400 MP4 GPU clocked 45 MHz dan RAM sebesar 768MB, kapasitas memoti 4GB dan baterai 250mAh. Bluetooth 4.1 jaringan Wi-Fi 802.11b/g/n juga akan tersedia di dalam gadget tersebut.

Fitur lain yang diperkirakan akan diusung Gear A, antara lain, built-in kamera dan sensor untuk menangkap obyek foto juga barcode, juga fitur kesehatan seperti heart rate monitor. Gear A dikabarkan juga bisa digunakan sebagai remote control untuk membuka kunci dan remote TV. Uniknya, jam pintar ini diramalkan bisa diisi ulang baterainya secara wireless atau tanpa terhubung menggunakan kabel ke adaptornya.

Segudang kecanggihan Samsung Gear A memang membuat penasaran. Tapi, Brava Listeners masih harus menunggu dua bulan lagi untuk bisa memilikinya.

[teks @moehakam | foto: valuewalk.com]

Sumber:

Brava

SHARE